Untuk tingkatkan prestasi, Pemkot Payakumbuh targetkan bangun prasarana olahraga di seluruh kecamatan

id berita payakumbuh,berita sumbar,prasanana olahraga

Untuk tingkatkan prestasi, Pemkot Payakumbuh targetkan bangun prasarana olahraga di seluruh kecamatan

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (antarasumbar/HO)

Harapannya dan tujuannya jelas, bagaimana dapat meningkatkan prestasi olahraga di Payakumbuh
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat sedang menargetkan dapat membangun prasarana olahraga di seluruh kecamatan yang ada di daerah itu.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa pembangunan prasarana olahraga di setiap kecamatan diharapkan dapat meningkatkan prestasi olahraga di Kota Randang tersebut.

"Harapannya dan tujuannya jelas, bagaimana dapat meningkatkan prestasi olahraga di Payakumbuh. Kalau sarana dan prasarananya sudah disiapkan, InsyaAllah akan diikuti dengan prestasi yang didapatkan," jelasnya.

Ia menambahkan pada tahun ini pihaknya telah melakukan pembangunan gedung prasarana olahraga di Kecamatan Payakumbuh Utara persis di dekat sentra IKM Randang Payakumbuh.

Pembangunan gedung tersebut, dibangun di tanah seluas 1,5 hektare yang menghabiskan anggaran mencapai Rp4,5 milliar yang ditargetkan dapat diselesaikan pada Oktober 2020.

"Pada gedung tersebut, akan dibangun lapangan futsal, basket, voli, arena joging dan lainnya," ujar dia.

Untuk 2021, sambung Riza direncanakan juga akan dibangun prasarana olahraga di Kecamatan Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Utara. Oleh sebab itu, Riza meminta kerjasama dari masyarakat dalam pembangunan ini.

"Bangunan fisiknya akan lebih cepat diselesaikan dan terwujud, jika warga kecamatan bersedia untuk menyediakan tanah," sebutnya.

Tidak hanya di setiap kecamatan, Pemkot Payakumbuh juga tengah menyiapkan Gedung Olahraga (GOR) untuk tingkat kota. Namun, penyelesaian dari GOR tersebut harus tertunda karena banyaknya anggaran yang direfokusing karena COVID-19.

"Selain di kecamatan, kami juga siapkan untuk tingkat kota Kami juga telah membangun GOR di dekat kawasan sungai Batang Agam, tepatnya di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat.

Ia menargetkan GOR tersebut dapat diselesaikan pada 2021 dengan memanfaatkan sisa DAK 2019 dan APBD Kota Payakumbuh. (*)