Tingkatkan pemahaman masyarakat, Pusat Kajian Pancasila UNP gelar webinar nasional

id UNP, pusat kajian, pancasila, rektor, ganefri

Tingkatkan pemahaman masyarakat, Pusat Kajian Pancasila UNP gelar webinar nasional

Ketua Pusat Kajian Pancasila Dr. Junadi Indrawadi.M.Pd (ist)

Padang (ANTARA) - Saat ini jika ditelaah lagi mengenai pancasila, mungkin tak banyak masyarakat yang betul-betul memahami bagaimana sesungguhnya pancasila itu mulai dari sejarahnya hingga pada dinamikanya saat ini, karenanya Pusat Kajian Pancasila Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar webinar nasional untuk mengulas lebih dalam mengenai Pancasila, kata Ketua Pusat Kajian Pancasila Dr. Junadi Indrawadi.M.Pd di Padang pada Kamis (13/8).

Ia mengatakan bahwa webinar kali ini pihaknya mengusung tema “Transformasi Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Perspektif Sejarah” yang akan diadakan pada Sabtu (15/8), pukul 08.30 -11.30 WIB.

“Berdasarkan tema yang diusung, kami mengundang dua narasumber yang sudah pakar di bidang tersebut yakni Prof Hariyono.M.Pd, disamping sejarawan yang sudah sangat terkenal beliau juga wakil Kepala BPIP RI,” katanya.

Selanjutnya, tambahnya, pihaknya juga mengundang sejarawan yang sudah pakar dan tidak asing lagi yaitu Prof. Dr. Anhar Gonggong. Menurutnya, beliau selama ini sangat objektif artinya beliau tidak memihak dan juga tidak menyalahkan siapa-siapa.

“Tapi memang beliau ahli sejarah jadi S1 di UGM, S2 di Belanda S3 di UI. Jadi dua tokoh ini sangat pas untuk dijadikan referensi untuk memahami bagaimana sejarah kelahiran Pancasila itu sampai pada bagaimana dinamika saat ini,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa webinar ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat seperti akademisi, dosen, guru dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah kemudian ada juga dari kementerian hingga LSM. Jadi ikut itu beragam dan memang begitu seharusnya karena pancasila atau masalah ideologi itu adalah masalah bagi semua warga negara bukan hanya sekelompok orang saja.

“Jadi dengan adanya webinar ini bisa memberikan pemahaman yang utuh paling tidak masyarakat awam tahu bahwa sesungguhnya Pancasila sebagai dasar negara punya sejarah yang panjang,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pendaftaran untuk mengikuti webinar dibuka sampai Sabtu (13/8) pagi dengan target peserta setidaknya 3000 orang.

“Peserta yang mendaftar saat ini sudah sebanyak 1.375 orang dan tersebar dari Aceh hingga Papua,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, bagi yang tidak mendaftar mereka juga masih bisa menonton karena ada UNP video streaming di youtube, jadi UNP sudah menyiapkan sistem yang sangat bagus dan Humas berkontribusi dalam hal kecepatan dan ketepatan pemanfaatan web serta sosialisasi.

Acara webinar tersebut gratis serta peserta yang ikut akan mendapat E-Sertifikat dan nantinya akan langsung dibuka oleh Rektor UNP Prof. Ganefri. Ph.D dan

moderator Dr.Suryanef. M.Si.

.
Masyarakat yang ingin bergabung webinar bisa mendaftar secara online melalui webinar.unp.ac.id (ist)