Bertambah delapan orang pasien COVID-19 di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,pasien,covid-19,positif

Bertambah delapan orang pasien COVID-19 di Pesisir Selatan

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi. (antarasumbar/Istimewa)

Hari ini ada penambahan delapan pasien, semuanya warga Kecamatan Lengayang,
Painan (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat per hari ini bertambah delapan orang sehingga total keseluruhan menjadi 30 orang.

"Hari ini ada penambahan delapan pasien, semuanya warga Kecamatan Lengayang," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Kamis.

Penambahan tersebut berdasarkan laporan pemeriksaan dari Laboratorium Pusat Diagnostik dan Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) Padang Nomor: 324/08/PDRPI-FK/2020 tanggal 13 Agustus 2020.

Dari delapan pasien tersebut yang paling tua berumur 63 tahun serta yang paling muda berumur lima tahun, dan semua pasien dalam keadaan tanpa gejala COVID-19.

"Tujuh dari delapan yang terkonfirmasi positif tercatat kontak erat dengan pasien ke 21 yang merupakan warga Kambang, Kecamatan Lengayang, sementara satu sisanya tercatat pernah kontak erat dengan pasien ke 20 yang berprofesi sebagai sopir keluarga dari pasien ke 21," ungkapnya.

Saat ini pihaknya bersama dinas terkait tengah membicarakan upaya karantina terhadap mereka ke para keluarganya sebagai upaya penanganan dan pencegahan paparan COVID-19 ke orang-orang sekitar.

"Sesuai rencana serta jika didapatkan kesepakatan kedelapan pasien akan dikarantina di lokasi yang disiapkan Dinas Kesehatan Sumatera Barat," jelasnya.

Bersamaan dengan itu pihaknya juga sedang melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang diduga kontak erat dengan kedelapan pasien.

"Pelacakan ini penting sebagai upaya memetakan dan menekan penyebaran COVID-19, mereka yang tercatat kontak erat dengan pasien selanjutnya akan dites usap untuk memastikan yang bersangkutan terpapar virus atau tidak," lanjutnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar