ACT luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan untuk bantu warga terdampak COVID-19

id berita padang panjang,berita sumbar, ACT

ACT luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan untuk bantu warga terdampak COVID-19

Peresmian Lumbung Sedekah Pangan ACT Sumbar di Padang. (antarasumbar/dok. ACT Sumbar.)

Meski sekarang dimasa adaptasi kebiasaan baru, namun ekonomi masyarakat belum betul-betul pulih sehingga perlu sama-sama saling membantu,
Padang Panjang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan untuk membantu warga prasejahtera yang masih merasakan dampak dari wabah COVID-19.

Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf di Padang, Rabu, mengatakan gerakan itu merupakan aksi yang melibatkan semua lapisan masyarakat untuk menyediakan sedekah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Meski sekarang dimasa adaptasi kebiasaan baru, namun ekonomi masyarakat belum betul-betul pulih sehingga perlu sama-sama saling membantu," tambahnya.

Banyak usaha kecil terdampak pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih mengalami penurunan penjualan, pedagang-pedagang kecil kehilangan pembeli, kesulitan mendapatkan bahan baku, sulit mengembalikan pinjaman lalu berujung penghasilan nihil.

Dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan warga yang memiliki kecukupan dapat mengisi rak yang tersedia dengan berbagai bahan pangan seperti beras, gula, minyak goreng dan lainnya.

"Sekali tiga hari kami akan jemput donasi masyarakat lalu bantuan berupa bahan pangan itu nanti kami salurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan," jelasnya.

Lumbung Sedekah Pangan akan disediakan di masjid-masjid, sekolah, perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan dan area fasilitas umum lainnya.

Kepala Dinas Sosial Padang, Afriadi menyampaikan apresiasi atas program yang dilaksanakan oleh lembaga kemanusiaan tersebut.

Ia menilai lembaga itu sudah cukup banyak berinovasi melahirkan program bermanfaat untuk masyarakat dan membangun kepedulian bersama terhadap masyarakat yang kurang beruntung.

"Rak-rak Lumbung Sedekah Pangan ini juga dapat ditempatkan di kantor-kantor perangkat daerah, nanti para ASN juga bisa sama-sama ikut mengisi untuk membantu wargaa prasejahtera," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar