Petani di Padang Panjang raih prestasi di ajang Petani Berprestasi Sumbar

id Padang Panjang

Petani di Padang Panjang raih prestasi di ajang Petani Berprestasi Sumbar

Petani Padang Panjang raih prestasi (Kominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Seorang petani di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat Widiarti meraih prestasi sebagai pemenang ke-III di ajang Petani Berprestasi 2020 tingkat provinsi setempat.

"Alhamdulillah beberapa waktu lalu terpilih mewakili Padang Panjang dan mengekspos kegiatan yang dilakukan. Ternyata hasilnya cukup memuaskan," katanya di Padang Panjang, Selasa.

Widiarti merupakan warga Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur yang menjadi anggota gabungan kelompok tani Lembuti II dan berprestasi dalam kegiatan budidaya padi dan sayuran organik.

Ia menerangkan dalam lomba itu dirinya mengekspos sejumlah aktivitas pertanian seperti budidaya sayuran organik, pembuatan kompos, budidaya tanaman hias.

Selanjutnya melaksanakan demplot swadaya padi jarwo, melaksanakan demplot bawang merah ramah lingkungan dan yang terfokus pada budidaya padi organik yang telah diterapkan sejak 2012 hingga sekarang.

Selama menerapkan budidaya padi organik, ia mendapat penyuluhan dan masukan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian serta ia juga telah dua kali mendapatkan sertifikat organik.

"Hasil yang diperoleh cukup memuaskan. Hal ini tidak lepas dari kiat-kiat yang disampaikan Pemko melalui penyuluh pertanian yang selalu memberikan bimbingan dan pendampingan," ujarnya.

Kabid Perikanan dan Pelaksanaan Penyuluh Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Indra mengatakan penilaian yang diikuti oleh Widiarti telah berlangsung sejak Maret 2020.

"Pengumuman lomba kami terima kemarin dan penghargaan akan diserahkan bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI nanti," ujarnya.

Prestasi yang diraih Widiarti tersebut menurutnya menjadi sebuah kebanggan Padang Panjang dan diharapkan dapat menginspirasi petani-petani lain di daerah itu.(*)