Kalahkan Leverkusen 2-1, Inter melaju ke semifinal Liga Europa

id Liga Europa,Inter Milan,Bayer Leverkusen

Kalahkan Leverkusen 2-1, Inter melaju ke semifinal Liga Europa

Penyerang Inter Milan Romelu Lukaku merayakan gol yang dibukukannya dalam pertandingan perempat final Liga Europa melawan Bayer Leverkusen yang dimainkan di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, Jerman, Senin (10/8/2020). (ANTARA/AFP/MARTIN MEISSNER)

Jakarta, (ANTARA) - Inter Milan memukul Bayer Leverkusen dengan skor 2-1 untuk melaju ke semifinal Liga Europa, pada pertandingan perempat final yang dimainkan di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman, Senin setempat atau Selasa dini hari WIB.

Nerazzurri membuka keunggulan melalui gol Nicolo Barella (15') sebelum gol Romelu Lukaku (21') menggandakan keunggulan tim Italia. Leverkusen hanya mampu mengemas satu gol balasan dari bintang mereka Kai Havertz (25'), demikian catatan laman resmi UEFA.

Kedua tim mengawali laga dengan tampil berhati-hati sambil mengintip peluang di celah pertahanan lawan. Tetapi Inter mampu memecah kebuntuan saat bola dari pergerakan Lukaku diblok bek Leverkusen. Bola mengarah ke Barella yang melepaskan sepakan kaki kanan luar untuk bersarang ke sudut gawang Lukas Hradecky.

Lima menit berselang Barella memiliki peluang untuk mengemas gol keduanya, tetapi tembakannya dapat diblok Jonathan Tah.

Meski demikian Inter mendapatkan gol keduanya beberapa saat kemudian, saat Ashley Young mengirim operan kepada Lukaku. Lukaku yang ditempel ketat Edmond Tapsoba kemudian melepaskan sepakan sambil menjatuhkan diri untuk memaksa Hradecky kembali memungut bola.

Inter yang semakin agresif kemudian mendapatkan peluang lain dari Lukaku. Kali ini sepakan penyerang Belgia itu dalam situasi satu lawan satu dapat ditahan kiper Hradecky.

Leverkusen kemudian mampu memperkecil ketertinggalan. Havertz memainkan operan satu-dua dengan Kevin Volland di dalam kotak penalti Inter, dan berhasil melepaskan sepakan yang meski mengenai kaki Handanovic tetap bersarang ke gawang Inter.

Nerazzurri mendapat hadiah penalti pada menit ke-26 saat wasit Carlos Del Cerro Grande menganggap tangan Daley Sinkgraven mengenai bola di kotak terlarang. Penalti itu kemudian dibatalkan setelah dari tinjauan VAR terlihat bola mengenai bahu Sinkgraven.

Kiper Handanovic yang tidak terlalu banyak mendapat ujian mampu melakukan aksi bagus menjelang turun minum, ketika ia meninju umpan silang berbahaya kiriman Moussa Diaby.

Baik Inter maupun Leverkusen tampil semakin terbuka pada babak kedua. Peluang bagus pertama dimiliki Inter melalui sepakan Roberto Gagliardini yang secara tidak sengaja membentur Lukaku.

Kiper Hradecky harus bekerja keras mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak. Ia menetralisir ancaman dari umpan silang pendek Hradecky, serta Gagliardini yang merangsek masuk kotak penalti sebelum sepakannya terdefleksi sang kiper.

Hradecky tidak dibiarkan beristirahat. Ia berikutnya harus meninju umpan silang Young, dan menahan tembakan pemain pengganti Eriksen yang mengarah lurus kepadanya.

Leverkusen lebih banyak mendominasi penguasaan bola. Namun mereka kesulitan mengirimkan bola berbahaya ke dalam kotak penalti Inter, salah satu peluang didapat melalui tembakan Demirbay yang masih dapat dibuang ke atas oleh Handanovic.

Pemain pengganti Inter Alexis Sanchez mendapat operan bagus dari Eriksen, sayang tembakannya masih mengenai kaki kiper Hradecky. Leverkusen juga balas mengancam melalui umpan silang berbahaya dari Leon Bailey, yang sayangnya gagal disambar Havertz dan Volland.

Menjelang waktu normal usai, wasit kembali memberi hadiah penalti kepada Inter. Kali ini karena ia menganggap Bellarabi menjatuhkan Eriksen di kotak terlarang.

Tetapi setelah melakukan peninjauan VAR, untuk kedua kalinya ia mengubah keputusannya. Inter gagal menambah keunggulan, namun skor 2-1 sudah cukup untuk membuka jalan mereka ke empat besar.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic, Diego Godin, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni (Milan Skriniar 84'), Danilo D'Ambrosio (Victor Moses 59'), Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Roberto Gagliardini (Christian Eriksen 59'), Ashley Young, Romelu Lukaku, Lautaro Martinez (Alexis Sanchez 64')

Pelatih: Antonio Conte

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Lukas Hradecky, Lars Bender (Karim Bellarabi 85'), Jonathan Tah, Edmond Tapsoba, Daley Sinkgraven (Wendell 68'), Exequiel Palacios (Leon Bailey 59'), Julian Baumgartlinger (Nadiem Amiri 68'), Kai Havertz, Kerem Demirbay, Moussa Diaby, Kevin Volland (Lucas Alario 86')

Pelatih: Peter Bosz