15 pelaku jambret dibekuk polisi Padang dalam tiga bulan terakhir

id berita padang,berita sumbar,jambret

15 pelaku jambret dibekuk polisi Padang dalam tiga bulan terakhir

Salah satu pelaku jambret yang beraksi di Jalan Pemuda pada Kamis (30/7), dan telah diamankan oleh polisi. (antarasumbar/Dok. Polisi.)

Ada 12 kasus penjambretan yang terjadi dari Juni hingga Agustus 2020, dari total kasus itu sebanyak 15 pelaku diamankan,
Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meringkus 15 pelaku jambret yang beraksi di daerah setempat pada tiga bulan ini (Juni hingga Agustus 2020).

"Ada 12 kasus penjambretan yang terjadi dari Juni hingga Agustus 2020, dari total kasus itu sebanyak 15 pelaku diamankan," kata Kepala Satuan Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda di Padang, Kamis.

Ia merinci pada Juni terdapat enam kasus yang ditangani dengan tersangka sebanyak enam orang, sedangkan Juli dan Agustus 2020 ada enam kasus dengan pelaku sebanyak sembilan orang.

Ia menyebutkan dari kasus tersebut ditenggarai modus operandi para pelaku adalah memanfaatkan kelengahan korban.

"Misalnya pengendara lengah meletakkan handphone di dasbor motor atau sedang menelfon di pinggir jalan, itu yang dimanfaatkan pelaku," ujarnya.

Oleh karena itu ia mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati, dan tidak abai terhadap barang berharga seperti gawai.

Rico mengatakan dari 15 pelaku jambret tersebut, rata-rata para diamankan oleh korban serta massa. Sedangkan lainnya diamankan oleh personel Satuan Lalu Lintas daerah setempat.

Pada bagian lain, berdasarkan catatan terakhir ada dua kasus jambret yang terjadi yakni pada Kamis (30/7) di Jalan Pemuda.

Pelaku bernama Maheru (40) menjambret gawai milik korban di lokasi kejadian, kemudian langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Pelariannya berhenti ketika sampai di Jalan Veteran karena terlibat kecelakaan dengan mobil, akibatnya kaki kiri pelaku mengalami patah.

Upaya pengejaran terhadap pelaku juga dilakukan oleh personel lalu lintas Polresta Padang yang tak jauh dari lokasi, serta mengetahui kejadian.

Selanjutnya adalah penjambretan yang terjadi di Jalan Ahmad Dahlan, Padang Utara, dimana dua pelaku merampas gawai milik korban yang hendak berolahraga ke GOR H Agus Salim.

Beruntung saat itu polisi tengah berada di pos lalu lintas, dan ikut melakukan pengejaran. Pelaku ditangkap tidak jauh dari lokasi kejadian, dan sempat dihakimi massa.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar