Pemkot sambut kunjungan perwakilan tim Menkopolhukam RI ke Solok

id Solok, tim menkopolhukam,covid,PSBB,walikota

Pemkot sambut kunjungan perwakilan tim Menkopolhukam RI ke Solok

Wali Kota Solok Zul Elfian menyambut perwakilan Tim Menkopolhukam RI ke Kota Solok, Sumatera Barat. (Antara/ist)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menerima kedatangan rombongan Menkopolhukam yang diketuai oleh Kolonel Inf Soetikno Suleman, bertempat di ruang rapat Wali Kota Solok.

Wali Kota Solok Zul Elfian, di Solok, Selasa mengucapkan selamat datang di Kota Solok kepada Soetikno Suleman dan rombongan bidang IV dari Deputi Pertahanan Negara Menkopolhukam.

"Kami bangga dan bahagia atas kunjungan bapak terkait penanganan dan perkembangan COVID-19 oleh Satgas Pemkot Solok," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan semenjak normal baru Kota Solok mengalami peningkatan kasus dari sebelumnya. Ia juga mengatakan sebagai Satgas Penanganan COVID-19, Pemkot akan tetap berupaya, berusaha, dan bekerja keras agar Kota Solok hijau kembali dan bebas dari pandemi tersebut.

Ia juga menyampaikan fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang akhir-akhir ini terlihat sudah mulai jenuh dengan kondisi. Namun demikian jika kondisi ini dibiarkan tentunya akan berdampak terhadap risiko penyebaran COVID-19 di Kota Solok.

"Sebagai pemerintah daerah kita tetap bekerja, dan tidak boleh menyerah untuk mengimbau dan mengedukasi masyarakat terkait pelaksanaan protokol kesehatan saat keluar rumah agar bisa memutus mata rantai penyebaran ini" kata dia.

Sementara itu, Soetikno Suleman dalam arahannya mengatakan Pemerintah Pusat dalam penanganan COVID-19 ini ada dua Satgas dan ditetapkan pada 20 Juli 2020 lalu oleh Presiden, yaitu Satgas Penanganan COVID-19, dan Satgas Pemulihan Ekonomi, yang nantinya daerah juga akan mengarah seperti yang dilakukan pemerintah pusat.

"Saya berterimakasih atas sambutan pak Wali Kota solok yang begitu peduli akan Kota Solok ini. Maksud dan tujuan kami kesini untuk melihat penanganan dan perkembangan COVID-19 di Kota Solok" tutur Soetikno.

Soetikno menyebutkan bahwa ketika rapat dengan Presiden terkait perubahan PSBB ke new normal nama Provinsi Sumatera Barat sangat tersorot oleh Presiden Jokowi, karena dinilai cukup berhasil dalam penanganan COVID-19 ini.

"Presiden juga bilang contoh cara Provinsi Sumatera Barat saat menangani wabah virus ini dan jadikan sebagai Rujukan Nasional oleh Provinsi yang ada di Indonesia" ucap Soektino.

Beliau menyebutkan sengaja diutus oleh Menkopolhukam untuk meninjau cara Pemerintah Kota Solok melakukan Penanganan oleh Satgas Covid-19 dan sejauh mana ketertibatan melibatkan TNI dan Polri di lapangan.

"Kota Solok juga termasuk daerah yang cukup baik dalam penanganan dan mengedukasi masyarakat terhadap berbahaya wabah ini. Semua hasil yang kami dapat hari ini akan kami paparkan kembali kepada Bapak Menkopolhukam" tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Komandan Distrik Militer 0309/Solok Letkol. Arm. Reno Triambodo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Asisten III Sekda Kota Drs. Muhammad, M.Si serta Kepala OPD terkait. (*)