Bagi peserta didik kurang mampu agar Pemkot Padang beri beasiswa, permintaan anggota DPRD

id berita padang,berita sumbar,sekolah

Bagi peserta didik kurang mampu agar Pemkot Padang beri beasiswa, permintaan anggota DPRD

Ketua komisi IV DPRD Kota Padang Azwar Siri. (AntaraSumbar/Laila Syafarud)

Kami meminta agar ke depannya pemerintah Kota Padang menyediakan beasiswa dari APBD 2021 bagi murid yang tidak mampu baik yang menempuh pendidikan di sekolah swasta maupun negeri,
Padang (ANTARA) - Anggota DPRD Padang meminta pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat agar memberikan beasiswa bagi peserta didik kurang mampu yang tengah menempuh pendidikan di sekolah negeri maupun swasta.

"Kami meminta agar ke depannya pemerintah Kota Padang menyediakan beasiswa dari APBD 2021 bagi murid yang tidak mampu baik yang menempuh pendidikan di sekolah swasta maupun negeri," kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siri di Padang, Rabu.

Menurut dia hal itu bertujuan supaya setiap warga yang kurang mampu di Kota Padang dapat merasakan pendidikan atau wajib belajar sembilan tahun sebagaimana yang dicanangkan Pemkot itu sendiri.

"Kami juga berharap beasiswa tersebut tidak hanya diserahkan pada murid di sekolah negeri saja. Akan tetapi juga diberikan pada murid di sekolah swasta," tambah dia.

Ia menjelaskan selama ini persoalan yang terjadi di tengah masyarakat ialah banyak yang berbondong-bondong mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri. Karena beranggapan biaya sekolah di swasta lebih mahal dari sekolah negeri.

"Sehingga sampai saat ini seperti yang kita lihat sekolah swasta mengeluhkan sangat minimnya jumlah peserta didik yang mendaftar," ujar dia.

Menurut dia jika hal itu dibiarkan begitu saja, maka akan berdampak terhadap keberlanjutan sekolah swasta karena tidak adanya murid yang bersekolah di sana.

Menurut legislator lainnya Zulhardi Z Latif dari Fraksi Golkar, sekolah swasta memiliki peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

"Bahkan sekolah swasta di Padang lebih dulu berdiri dari pada sekolah negeri. Tentunya sekolah swasta telah banyak peran dalam memberikan pendidikan," kata dia.

I meminta agar Pemkot Padang melalui kepala dinas pendidikan berperan aktif bersama penyelenggara pendidikan swasta untuk segera mendorong masyarakat mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta, hal itu dengan tujuan agar tidak ada murid yang tidak bersekolah.

Kemudian memberikan bantuan berupa beasiswa ke peserta didik yang kurang mampu atau terdaftar di DTKS yang tengah bersekolah di swasta.

Menanggapi itu Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan Pemkot Padang akan terus mengupayakan untuk meningkatkan pendidikan di Kota Padang.

"Sebagaimana yang disampaikan wali Kota Padang sebelumnya, Insyaallah kita akan terus mengupayakan bantuan bagi peserta didik yang tidak mampu baik dari Baznas maupun dari dana APBD Kota Padang," terang dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul mengatakan Pemkot Padang telah menyuruh setiap kelurahan yang ada agar mendata murid di kelurahannya yang belum melakukan pendaftaran ke sekolah, terutama Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ia menambahkan pemerintah Kota Padang akan mendorong masyarakat agar segera mendaftarkan anak mereka ke sekolah.

"Tidak hanya itu, kami akan mengarahkan mereka agar mendaftarkan anak-anak mereka ke SMP swasta yang ada di Kota Padang," lanjut dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar