Djokovic dan Nadal dipastikan ikuti turnamen pemanasan US Open di New York

id Novak Djokovic,rafael nadal,us open,US Open di New York

Djokovic dan Nadal dipastikan ikuti turnamen pemanasan US Open di New York

Foto ilustrasi: Petenis Spanyol Rafael Nadal melakukan servis bola ke arah petenis Kroasia Marin Cilic pada pertandingan babak keempat US Open di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Selasa (3/9/2019). Nadala melangkah ke perempat final setelah menang dengan skor 6-3 3-6 6-1 6-2. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports via Reuters/pras.

Jakarta, (ANTARA) - Petenis peringkat satu dan peringkat dua dunia, Novak Djokovic dan Rafael Nadal, dipastikan mengikuti turnamen pemanasan US Open yang akan dimainkan di New York, sementara Serena Williams akan ambil bagian dalam kategori putri, demikian dilaporkan AFP

Panitia penyelenggara turnamen ATP dan WTA Western and Southern Open mengumumkan daftar peserta pada Rabu.

Mereka memindahkan ajang itu ke New York pada tahun ini karena pandemi COVID-19. Pada situasi normal, ajang itu biasa dilangsungkan di Cincinnati.

Turnamen itu akan berlangsung pada 20 sampai 28 Agustus di lingkungan yang dikarantina dan tanpa penonton di Flushing Meadows. Sedangkan turnamen Grand Slam lapangan keras, US Open, akan dimulai pada 31 Agustus dengan kondisi-kondisi serupa.

Djokovic, yang merupakan juara bertahan Wimbledon dan Australian Open, serta Nadal, juara bertahan US Open dan French Open, sempat menyampaikan kecemasannya mengenai kebijakan penyelenggaraan US Open saat pandemi COVID-19 masih menyebar di AS.

Area New York mampu mempertahankan level kasus COVID-19 relatif tetap rendah sejak memuncak pada Maret dan April, sedangkan area-area lain seperti Florida, Texas, dan California menjadi titik panas (hot spot).

Para petenis peringkat sepuluh besar dunia yang tidak masuk dalam daftar peserta turnamen di AS adalah bintang Swiss Roger Federer yang sedang cedera, petenis peringkat keempat dunia Dominic Thiem, dan petenis peringkat sembilan dunia Gael Monfils.

Juara bertahan ATP dan WTA Western and Southern Open Daniil Medvedev asal Rusia juga dipastikan absen.

Federer menggenggam rekor 20 gelar Grand Slam kategori putra, sedangkan Nadal mengoleksi 19 gelar dan Djokovic memenangi gelar Grand Slam ke-17 dia pada awal tahun ini di Melbourne.

Williams telah memenangi 23 gelar Grand Slam kategori tunggal putri. Koleksinya hanya kalah satu gelar dari rekor sepanjang masa Margaret Courts. Ia melahirkan putrinya pada 2017 dan sejak itu memiliki rekor empat kekalahan di final Grand Slam.

Williams mengatakan ia akan bermain di US Open saat Asosiasi Tenis AS mengumumkan kepastian penyelenggaraan ajang itu. Ia juga akan mengikuti turnamen pemanasan WTA di Lexington, Kentucky pada awal Agustus.

Williams terakhir kali memenangi gelar Grand Slam kategori tunggal pada Australian Open 2017.

Para petenis lain yang berada di enam besar peringkat WTA yang akan mengikuti ajang di AS adalah Karolina Pliskova asal Ceko, dan petenis peringkat keempat dunia Sofia Kenin.

Mereka yang dipastikan absen adalah Ashleigh Barty, Simona Halep, Elina Svitolina, dan Bianca Andreescu.

Kategori putri juga akan diikuti petenis 16 tahun Coco Gauff dan juara bertahan Madison Keys. (*)