Badan Kehormatan akan proses oknum anggota Pasaman Barat bermasalah

id berita pasaman barat,berita sumbar,demo,legislatif,bermasalah

Badan Kehormatan akan proses oknum anggota Pasaman Barat bermasalah

Ketua Badan Kehormatan DPRD Pasaman Barat Endang Jaya Putra berjanji akan memproses anggota yang bermasalah. (antarasumbar/Istimewa)

Kita pastikan akan diproses sesuai mekanisme yang ada,
Simpang Empat (ANTARA) - Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumhbar), Endang Jaya Putra menegaskan akan memproses anggota yang bermasalah.

"Kita pastikan akan diproses sesuai mekanisme yang ada," katanya usai menerima aspirasi tuntutan masyarakat agar anggota DPRD bermasalah untuk diproses di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengakui sebelum aksi demonstrasi ini pihaknya telah menerima surat pengaduan bahwa ada oknum anggota DPRD Pasaman Barat yang bermasalah.

Laporan itu yakni ada oknum anggota DPRD yang diduga memalsukan SK kepengurusan Partai Gerindra, dugaan pencemaran nama baik Puan Maharani, dan dugaan keterlibatan pencurian alat pengukur suhu atau Thermo Gun.

"Perbuatan itu diduga dilakukan oleh Ketua DPRD. Masalah ini akan kita proses sambil memperbaharui tata tertib beracara dalam sidang anggota yang bermasalah," sebutnya.

Pihaknya menjadwalkan pada 3 Agustus 2020 nanti yang bersangkutan akan dipanggil mendengarkan keterangan atas pengaduan masyarakat itu.

"Setelah hasil itu nantinya maka akan dibawa kesidang paripurna dan dibahas secara bersama dan terbuka untuk umum," ujarnya.

Menurutnya ada empat sanksi jika terbukti bermasalah yakni teguran lisan, teguran tulisan, pemberhentian jabatan struktural dan rekomendasi pemberhentian dari anggota DPRD.

"Sanksi itu belum jelas karena yang bersangkutan akan dipanggil dalam waktu dekat," tegasnya.***2***