Pemkab Agam gelar bazar kebutuhan pokok stabilkan harga pangan (Video)

id agam,pemkab agam,gelar bazar,bazar bahan kebutuhan pokok,berita agam,agam terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Pemkab Agam gelar bazar kebutuhan pokok stabilkan harga pangan (Video)

Sejumlah warga sedang melakukan transaksi di lokasi bazar, Rabu (29/7). (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar bazar bahan kebutuhan pokok di halaman Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan setempat, Rabu (29/7), dalam rangka menstabilkan harga pangan menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Ermanto di Lubukbasung, Rabu, mengatakan bahan kebutuhan pokok yang disediakan berupa beras kuruik kusuik, telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, kentang, ikan olahan dan lainnya.

"Bazar digelar bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumbar dan kegiatan ini digelar selama satu hari saja," katanya.

Ia mengatakan, bahan kebutuhan pokok itu dijual di bawah harga tingkat pedagang di pasar tradisional.

Untuk harga beras kuruik kusuik dengan harga Rp13,5 ribu per kilogram dan harga pasar Rp14,5 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp45 ribu per kray dan harga pasaran Rp49 ribu per kray.

Sementara bawang merah Rp20 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp28 ribu per kilogram, bawang putih Rp15 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp20 ribu per kilogram.

Sedangkan cabai merah Rp25 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp27 ribu per kilogram, harga gula pasir Rp15 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp18 ribu per kilogram.

Sejumlah warga sedang melakukan transaksi di lokasi bazar, Rabu (29/7). (ANTARA/Yusrizal)


Kentang Rp11 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp12 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp12 ribu per liter dan harga pasaran Rp14 ribu per liter dan lainnya.

"Harga kebutuhan itu disubsidi oleh Dinas Pangan Sumbar," katanya.

Ia menambahkan, bazar kebutuhan pokok itu dalam rangka menyambut hari ulang tahun perpindahan ibukota Agam dari Bukittinggi ke Lubukbasung yang ke 27 tahun.

Selain itu dalam rangka menstabilkan harga kebututuhan pokok menjelang Idul Adha 1441 Hijriyah, karena biasanya jelang Idul Adha harga kebutuhan pokok naik.

Perugas TTIC Sumbar, Tofik Hidayat menambahkan TTIC mengerahkan dua unit mobil untuk memenuhi kebutuhan bazar bahan kebutuhan pokok di Agam.

Permintaan bahan kebutuhan pokok untuk bazar dari kabupaten dan kota cukup banyak semenjak tiga minggu terakhir.

"Bazar bahan kebutuhan pokok ini hampir dilakukan oleh kabupaten dan kota," katanya. (*)



Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar