LLDIKTI Wilayah X bersama PNP buka pendaftaran mahasiswa baru seleksi mandiri

id Berita Padang, berita Sumbar, lldikti

LLDIKTI Wilayah X bersama PNP buka pendaftaran mahasiswa baru seleksi mandiri

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Ist)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X bersama Politeknik Negeri Padang (PNP), Sumatera Barat membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 melalui seleksi mandiri.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Padang, Sabtu mengatakan seleksi mandiri tersebut mulai dibuka pendaftarannya secara serentak pada 20 Juli hingga 19 Agustus 2020.

"Pada kesempatan itu terdapat 15 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah LLDIKTI Wilayah X sebagai peserta seleksi mandiri tahun akademik 2020/2021 ini," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan perguruan tinggi tersebut sebagai berikut Politeknik Caltex Riau, Stikes Perintis, Akper Baiturrahmah, Universitas Bung Hatta (UBH), STTIND, Universitas Taman Siswa, dan Stikes Hang Tuah Tanjung Pinang.

"Kemudian Politeknik Kampar, Unidha, ITP, Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukitinggi, STIA LPPN, Universitas Dharmas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumbar, dan Universitas Abdurrab," ujar dia.

Ia juga mengatakan seleksi mandiri tersebut merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru PTS di samping jalur lainnya berupa SNMPN yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Sebagai lembaga yang membawahi PTS di empat provinsi yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumbar. Saya mengapresiasi PNP yang terus memfasilitasi rekan-rekan di PTS untuk bisa bekerja sama dalam penerimaan mahasiswa baru," kata dia.

Kemudian, kata dia pada tahap seleksi bersama tersebut diikuti sekitar 15 perguruan tinggi dengan 50 program studi (Prodi) di antaranya Prodi Rekayasa, Tata Niaga, Kesehatan, Sosial, Ekonomi, Komputer, dan beberapa Prodi lainnya.

"Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya sudah kita laksanakan juga pada 2019 lalu yang diikuti sekitar 14 perguruan tinggi," kata dia.

Kemudian, menurutnya saat ini tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta, keduanya sama Karena tujuannya sama-sama mencerdaskan anak bangsa.

"Salah satu contohnya saat ini dalam bentuk pemberian beasiswa, tidak hanya untuk PTN, tetapi PTS juga mendapatkannya berupa KIP-Kuliah, UKT atau beasiswa SPP dari pemerintah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar