Mendes PDTT kukuhkan Pendamping Desa Berdikari Pariaman guna percepat pembangunan daerah

id berita pariaman,berita sumbar,pembangunan, desa,menteri desa PDTT

Mendes PDTT kukuhkan Pendamping Desa Berdikari Pariaman guna percepat pembangunan daerah

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar sambutan saat pengukuhan 43 orang Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman, Sumbar, Jumat. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Awalnya saya diminta Wali Kota Pariaman untuk mengukuhkan Pendamping Desa Berdikari secara virtual,
Pariaman (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengukuhkan 43 orang Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) guna mempercepat pembangunan daerah melalui desa.

"Awalnya saya diminta Wali Kota Pariaman untuk mengukuhkan Pendamping Desa Berdikari secara virtual," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat sambutan pada Pengukuhan Pendamping Desa Berdikari di Pariaman, Jumat.

Namun, lanjutnya karena menurutnya Pendamping Desa Berdikari penting maka dirinya langsung mau mengukuhkannya secara langsung yang tujuannya untuk menunjukkan kepada kabupaten dan kota lain bahwa Pariaman bisa membentuk hal tersebut.

Dengan kabupaten dan kota di Indonesia memiliki Pendamping Desa Berdikari maka tidak saja dapat membantu APBN yang tidak mampu membiayai seluruh pendamping desa di setiap desa di Indonesia namun juga untuk mempercepat pembangunan dari desa.

"Jadi kedatangan saya ini untuk mengejek kabupaten dan kota di Indonesia sehingga mereka tersinggung dan mau membentuk Pendamping Desa Berdikari," ujarnya.

Ia mengatakan setiap desa harusnya memiliki pendamping desa untuk percepatan pembangunan Indonesia dari desa, namun karena keterbatasan APBN maka hingga sekarang hal tersebut belum tercapai.

"Ini (Pendamping Desa Berdikari) adalah langkah yang sangat luar biasa dan akan saya bawa ke kemana-mana," tambahnya.

Pada kesesampatan tersebut dirinya juga memuji Pendamping Desa Berdikari yang juga banyak terdapat wanita yang hal tersebut juga selaras dengan Kementerian Desa PDTT yaitu desa berkeseteraan gender.

Kepala Dinas Pemberdayaan Manusia dan Desa Sumbar,Syafrizal mengatakan Pendamping Desa Berdikari yang terdapat di Pariaman dapat menjadi percontohan tidak saja tingkat provinsi namun juga nasional.

Sementara Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyebutkan pihaknya mengakui kecilnya wilayah kota itu namun semangat daerah itu untuk percepatan pembangunan besar.

Untuk mempercepat pembangunan tersebut, lanjutnya dapat dilakukan melalui pendamping desa yang harus ada di setiap desa.

Oleh karena itu, agar seluruh desa di Kota Pariaman memiliki pendamping desa maka pihaknya merekrut 43 orang dan dilatih untuk menjadi pendamping desa.

Ia menyadari kehadiran desa dapat membantu pemerintah kota dalam pembangunan yang salah satunya dalam penanganan COVID-19.

"Saat COVID-19 desa-lah yang membantu desa untuk pangan sehingga dampak virus tersebut dapat diperkecil," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar