Pemkab kerahkan delapan perangkat daerah guna maksimalkan pembinaan Kampung Tangguh Nusantara

id berita pesisir selatan,berita sumbar,kampung tangguh

Pemkab kerahkan delapan perangkat daerah guna maksimalkan pembinaan Kampung Tangguh Nusantara

Warga Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Nagari Batu Hampar Selatan berfoto dengan sejumlah ASN dari perangkat daerah terkait di kabupaten setempat. (antarasumbar/Istimewa)

Dengan adanya KTN kami berharap dapat mendorong masyarakat beraktivitas dengan tetap mentaati protokol kesehatan,
Kabupaten Pesisir Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memaksimalkan pembinaan terhadap Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Nagari Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan dengan mengerahkan delapan perangkat daerah terkait.

"Delapan perangkat daerah yang diturunkan itu diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Kominfo, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Perikanan, Dinas Pangan, dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan," jelas Sekretaris Kabupaten setempat, Erizon di Painan, Kamis.

Ia menyebut pembinaan terhadap kampung tangguh bertujuan untuk mendorong geliat ekonomi masyarakat serta mendisplinkan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19.

"Dengan adanya KTN kami berharap dapat mendorong masyarakat beraktivitas dengan tetap mentaati protokol kesehatan, semua perangkat daerah diturun ke lapangan selama empat hari sejak 17 Juli 2020," imbuhnya.

Masing-masing perangkat daerah menyampaikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat seusai dengan peran dan fungsinya.

Sedangkan untuk ketangguhan ekonomi, dilakukan pula penyuluhan budidaya ikan dalam ember, dengan cara memanfaatan pekarangan rumah.

Sementara dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta Dinas Koperasi UMKM dilakukan pula pembinaan dan penyuluhan pengembangan tanaman ubi-ubian sebagai makanan pokok non beras.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar