Partai Golkar Sumbar jalin kerja sama bidang pendidilan dengan Universitas Tamansiswa Padang

id berita padang,berita sumbar,golkar,taman siswa,universitas

Partai Golkar Sumbar jalin kerja sama bidang pendidilan dengan Universitas Tamansiswa Padang

Ketua Golkar Sumbar Khairunnas bersama pihak Universitas Tamansiswa setelah menandatangani nota kesepahaman bidang pendidikan di Padang, Kamis. (antarasumbar/Istimewa)

Hari ini merupakan momentum membenahi diri bagi Partai Golkar Sumbar, dalam rangka bersiap menghadapi tahun politik pada 2024,
Kota Padang (ANTARA) -
DPD Partai Golkar Sumatera Barat (Sumbar) menjalin kerja sama bidang pendidikan dengan Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kader partai tersebut.

Ketua Golkar Sumbar, Khairunnas di Padang, Kamis, mengatakan kerja sama ini harus berjalan dengan baik dan akan disosialisasikan kepada pengurus tingkat kota dan kabupaten agar anak kader di nagari dan desa dapat mengenyam pendidikan tinggi.

Ia menambahkan di Sumatera Barat terdapat 230 kelurahan dan 928 nagari dan desa.

Apabila Partai Golkar Sumatera Barat nantinya memberikan kesempatan kuliah dijenjang perguruan tinggi pada satu orang anak kader di tingkat desa (nagari) dan kelurahan, maka Partai Golkar akan menyumbang lahirnya ribuan sarjana setiap tahunnya bagi Ranah Minang.

“Hari ini merupakan momentum membenahi diri bagi Partai Golkar Sumbar, dalam rangka bersiap menghadapi tahun politik pada 2024,” kata dia

Selain itu, sebelumnya Golkar sendiri telah menjalin kerja sama pendidikan tinggi dengan Universitas Eka Sakti (Unes) Padang dan akan diperbaharui kembali.

Rektor Universitas Tamansiswa Padang, Sepris Yonaldi mengapresiasi visi Partai Golkar Sumbar khususnya dibidang pendidikan tinggi ini.

Menurutnya, visi Partai Golkar sejalan dengan Tamansiswa yang didirikan Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 di Yogyakarta yaitu jadi badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat.

“Selang 10 tahun terakhir, jejaring Universitas Tamansiswa terbilang belum mumpuni dan agar perguruan tinggi ini bisa hadir nyata ditengah masyarakat, jejaring ini harus dihidupkan dengan berbagai pihak demi mewujudkan visi Tamansiswa,” jelasnya

Menurut dia Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan salah satunya perekonomian.

Dan di sektor pendidikan hal itu dibuktikan dengan terdapatnya ribuan mahasiswa yang menunggak SPP dan menurunnya jumlah mahasiswa yang mendaftar ulang.

“Ini merupakan salah satu dampak nyata dari Covid19 di perguruan tinggi,” terangnya

Ia mengatakan Universitas Tamansiswa Padang dimasa normal baru memberikan keringanan pembiayaan pendidikan (beasiswa) sebesar 50 persen untuk enam program studi di Unitas Padang.

Kemudian keringanan sebesar 30 persen pada empat program studi dan pascasarjana.

Sementara untuk Pascasarjana Agroteknologi, Universitas Tamansiswa akan memberikan keringanan pembiayaan pendidikan (beasiswa) sebesar 30 persen pada kader Partai Golkar Sumatera Barat yang akan menempuh pendidikan master.

Ia memaparkan keunggulan 10 program studi yang ada di Unitas seperti Agribisnis, Manajemen, Hukum, Peternakan, Pendidikan Matematika, Geografi dan lainnya yang mayoritas dari program studi ini sudah terakreditasi B.

“Akreditasi B ini, sebenarnya sudah sejajar dengan program studi yang ada di perguruan tinggi negeri. Kita belum terpublikasi dengan baik saja ke masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, ikut hadir Sekretaris Partai Golkar Sumatera Barat, Desra Ediwan Anantanur serta pengurus lainnya seperti, M Sayuti Dt Rajo Pangulu, Zaharman Zanhar, Wilda Qudsi Mirawati, Safarudin Dt Bandaro Rajo, Marlinasuswati dan Juru Bicara Golkar Sumbar, Aguswanto.

Sedangkan dari Unitas Padang, hadir Ketua Yayasan Tamansiswa Cabang Padang yang juga kader Partai Golkar, Ki Irwandi Yusuf, Rektor Unitas Sepris Yonaldi dan jajaran.