Wali kota apresiasi PT Semen Padang gelar donor darah di tengah pandemi

id berita padang,berita sumbar,donor darah,pmi,pt semen padang,mahyeldi

Wali kota apresiasi PT Semen Padang gelar donor darah di tengah pandemi

Walikota Padang Mahyeldi menyampaikan sambutan pada kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan PT Semen Padang di Gedung Serba Guna Semen Padang, Rabu, (Antara/Humas)

Setitik darah itu bermanfaat bagi orang banyak,
Kota Padang (ANTARA) -
Wali Kota Padang, Mahyeldi mengapresiasi PT Semen Padang yang menggelar donor darah di tengah pandemi COVID-19, karena dapat memenuhi stok di tengah berkurangnya pendonor.

"Saya bangga dengan PT Semen Padang yang telah menggelar donor darah. Mudah-mudahan ini dapat menjadi ladang amal, khususnya bagi karyawan PT Semen Padang Group yang telah mendonorkan darahnya," kata Mahyeldi di Padang, Rabu, usai meninjau donor darah yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang.

Saat ini, jelasnya kebutuhan darah di PMI Kota Padang 150 kantong sehari. Sejak pandemi, PMI kewalahan untuk memenuhi kebutuhan darah, karena masyarakat dibatasi untuk kegiatan di luar rumah. Oleh sebab itu, ia berterima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah menggelar donor darah.

Mahyeldi yang juga menjabat Ketua PMI Cabang Padang berharap agar BUMN, BUMD dan juga instansi lainnya yang ada di Kota Padang, juga dapat menggelar donor darah secara rutin seperti yang dilakukan oleh PT Semen Padang.

"Setitik darah itu bermanfaat bagi orang banyak. Semakin banyak yang mendonorkan darahnya, tentu akan semakin banyak orang yang terselamatkan," ujarnya.

Sementara Kepala Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT semen Padang, Muhamad Ikrar menyampaikan terima kasih kepada PMI Kota Padang yang telah memberikan kesempatan kepada manajemen PT Semen Padang menggelar donor darah.

"Agenda donor darah ini merupakan wujud dari komitmen PT Semen Padang yang selama ini selalu menjadi agenda rutin mengadakan donor darah tiga kali setahun dengan jumlah kantong darah yang terkumpul rata-rata mencapai 1.000 kantong ," terangnya.

Selain menjadi agenda rutin PT Semen Padang, lanjutnya donor darah ini digelar karena stok darah di PMI Kota Padang sudah menipis.

"Mudah-mudahan, donor darah ini dapat mengatasi kebutuhan darah di PMI Kota Padang yang sudah mulai kritis," ujarnya.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengungkapkan donor darah kali ini merupakan yang pertama kali diadakan PT Semen Padang sejak tahun 2020 dan itu disebabkan pandemi COVID-19.

"Biasanya donor darah dilaksanakan di bulan Maret atau dalam rangka HUT PT Semen Padang. Namun karena pandemi COVID-19, makanya diundur dan baru bisa digelar pada era new normal ini. Namun begitu, pelaksanaan donor darah hari ini tetap mengacu kepada protokol kesehatan new normal," jelasnya.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr Widyawarman menyampaikan masyarakat tidak perlu takut dan khawatir untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi COVID-19 ini,

"Justru saat ini bantuan darah lebih penting dibanding hari sebelumnya," katanya

Menurut dia masyarakat memiliki peran penting untuk kegiatan donor darah yang berkesinambungan agar persediaan darah di PMI Kota Padang tetap terjaga. Bahkan dimasa pandemi ini, pihaknya menerapkan standar protokol kesehatan.

"Donor darah di masa pandemi berdasarkan protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk menghindari penularan virus," ujarnya.