Baznas Padang Panjang salurkan zakat kepada 109 penerima

id berita padang panjang,berita sumbar,baznas,covid-19

Baznas Padang Panjang salurkan zakat kepada 109 penerima

Ketua Baznas Padang Panjang, Azwir Rasyidin. (antarasumbar/Foto Diskominfo Padang Panjang.)

Dana yang disalurkan untuk 109 penerima ditiap program itu bertujuan untuk membantu penerima dalam menjalankan usaha, keperluan kesehatan dan pendidikan,
Kota Padang Panjang (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyalurkan zakat tahap II di 2020 sebesar Rp259,5 juta kepada 109 penerima.


Ketua Baznas Padang Panjang, Azwir Rasyidin di Padang Panjang, Rabu, mengatakan zakat yang disalurkan terdiri dari zakat untuk program Padang Panjang Makmur, Padang Panjang Sehat dan Padang Panjang Cerdas.

"Dana yang disalurkan untuk 109 penerima ditiap program itu bertujuan untuk membantu penerima dalam menjalankan usaha, keperluan kesehatan dan pendidikan," tambahnya.

Sebanyak Rp202,23 juta diserahkan pada 77 mustahik dari program Padang Panjang Makmur, Rp51,25 juta bagi 29 penerima di Padang Panjang Cerdas dan Rp6,03 juta bagi tiga penerima di Padang Panjang Sehat.

Ia mengingatkan penerima agar dana zakat itu digunakan sesuai dengan tujuan program dan bukan untuk hal konsumtif mengingat saat ini sedang dalam kondisi wabah COVID-19.

"Misalnya bagi yang punya usaha. Dana dari program Padang Panjang Makmur agar digunakan untuk mengembangkan usaha supaya tetap jalan meski kini dihadapkan dengan kondisi wabah COVID-19," katanya.

Ia menilai jika penerima dana mau fokus dengan usaha dan memanfaatkan bantuan sesuai tujuannya, bukan tidak mungkin usaha yang dijalankan dapat berkembang sehingga di kemudian hari lepas dari bantuan lalu bisa menjadi seorang muzaki.

Sekretaris Daerah Padang Panjang, Sonny Budaya Putera menyampaikan hal yang sama agar penerima menggunakannya sesuai dengan tujuan yang sudah disepakati dengan Baznas setempat.

"Jangan disalahgunakan. Jika tujuannya untuk pendidikan gunakan untuk itu. Jika untuk usaha maka gunakan untuk mengembangkan usaha. Dana itu disalurkan dengan harapan membantu meningkatkan kesejahteraan," jelasnya.





Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar