Sebanyak ini suara dukungan untuk bacagub Fakhrizal-Genius di Pesisir Selatan sehingga penuhi syarat

id berita pesisir selatan,berita sumbar,suara dukungan,pilgub sumbar

Sebanyak ini suara dukungan untuk bacagub Fakhrizal-Genius di Pesisir Selatan sehingga penuhi syarat

Suasana rapat Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gebernur Sumatera Barat yang digelar KPU Pesisir Selatan. (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Berdasarkan Rapat Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gebernur Sumatera Barat Pemilu 2020 dukungan terhadap Fakhrizal-Genius Umar yang memenuhi syarat mencapai 5.065,
Kabupaten Pesisir Selatan (ANTARA) - Sebanyak 5.065 pendukung calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Fakhrizal-Genius Umar di Kabupaten Pesisir Selatan memenuhi syarat berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat di Painan, Selasa.

"Berdasarkan Rapat Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gebernur Sumatera Barat Pemilu 2020 dukungan terhadap Fakhrizal-Genius Umar yang memenuhi syarat mencapai 5.065," kata Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar.

Hal tersebut, ujar dia sesuai dengan hasil verifikasi faktual yang dilakukan tim dari KPU setempat dengan mendatangi satu per satu pendukung ke kediamannya masing-masing.

Hanya saja angka tersebut bisa berubah jika tim dari Fakhrizal-Genius Umar melakukan perbaikan usai digelarnya rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi dalam waktu dekat.

Ia menjelaskan dari 15 kecamatan di Pesisir Selatan berdasarkan rapat yang digelar, pendukung Fakhrizal-Genius Umar terbanyak yang memenuhi syarat berada di Kecamatan Koto XI Tarusan dengan jumlah mencapai 863.

Sementara yang paling sedikit berada di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara dengan jumlah pendukung memenuhi syarat hanya 36.

Berikutnya di kecamatan lain jumlahnya bervariasi seperti di Pancung Soal 191 pendukung, Ranah Pesisir 133 pendukung, Lengayang 328 pendukung, Batang Kapas 349 pendukung, IV Jurai 745 pendukung.

Selanjutnya Bayang 772 pendukung, Sutera 750 pendukung, Linggo Sari Baganti 172 pendukung, Lunang 194 pendukung, Basa IV Balai Tapan 245 pendukung, Air Pura 39 pendukung, Ranah IV Hulu Tapan 134 pendukung dan Silaut 114 pendukung.

Dirinya memastikan rapat pleno yang digelar sah seusai ketentuan meski calon perseorangan atau tim penghubungnya tidak hadir.

"Kami dari KPU telah mengirim surat ke tim penghubung dari calon perseorangan namun hingga rapat pleno selesai diantara mereka tidak ada yang hadir," katanya lagi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar