Bupati sosialisasikan program Pemanfaatan Pekarangan Lestari di Air Pura

id berita pesisir selatan, berita sumbar,pemanfaatan pekarangan

Bupati sosialisasikan program Pemanfaatan Pekarangan Lestari di Air Pura

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat menyosialisasikan program P2L di Air Pura. (ANTARA / Didi Someldi Putra) (Antara/Didi Someldi)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyosialisasikan program Pemanfaatan Pekarangan Lestari (P2L) kepada masyarakat yang tergabung ke dalam kelompok wanita tani (KWT) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Air Pura.

"Peserta sosialisasi berjumlah lebih dari 100 orang, mereka tidak hanya berasal dari Kecamatan Air Pura namun juga Linggo Sari Baganti dan juga Pancung Soal," kata Hendrajoni usai kegiatan di Air Pura, Minggu.

Dalam kesempatan itu ia mengajak peserta memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing untuk menanam berbagai tanaman terutama sayur-sayuran untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

"Rata-rata di kampung-kampung masyarakat memiliki pekarangan yang lumayan, sehingga agar bernilai lebih sebaiknya ditanami sayur-sayuran," katanya.

Dalam prosesnya ia mengajak agar masyarakat mengutamakan penggunaan pupuk organik, sehingga sayur yang diproduksi lebih sehat dan higienis.

Dalam kesempatan itu ia berjanji juga akan mengaspal jalan menuju kantor Camar Air Pura sepanjang lebih kurang satu kilometer pada 2021.

"Di 2021 Insya Allah jalan ini akan diaspal, sehingga masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan ke kantor camat menjadi lebih nyaman," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu anggota KWT yang hadir dalam kesempatan itu, Yanti mengungkap banyak manfaat yang didapat dalam mengikuti sosialisasi.

"Kami memang telah memulai memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur-sayuran dan sosialisasi ini semakin memantapkan kami untuk meneruskan kegiatan tersebut," imbuhnya.