KPU Agam gelar apel gerakkan Coklik serentak

id Coklit agam

KPU Agam gelar apel gerakkan Coklik serentak

Apel gerakan pencocokan dan penelitian (Coklik) KPU Kabupaten Agam, Sabtu (18/7). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubuk Basung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar apel gerakan pencocokan dan penelitian (Coklik) secara serentak di halaman kantor itu, Sabtu (18/7).

Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Agam, Ismul Hamdi di Lubukbasung, mengatakan gerakan Coklik ini sesuai Surat Ketua KPU RI No. 552/PL.02.1-SD/KPU/VII/2020, tanggal 10 Juli 2020, perihal Pemberitahuan Kegiatan Gerakan Klik dan Coklit Serentak.

"Apel ini diikuti komisioner KPU, Sekretaris KPU, staf dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP)," katanya.

Gerakan Coklik serentak ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih serta memastikan daftar pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 tersusun dengan baik.

PPDP, tambahnya, merupakan ujung tombak dalam melindungi hak pilih warga saat Pilkada.

Untuk itu, Ismul mengimbau PPDP untuk bekerja secara teliti di lapangan agar seluruh warga bisa terdaftar sebagai pemilih.

"Jangan ada satupun wajib pilih yang tidak terdaftar sebagai daftar pemilih," katanya.

Ia menambahkan, PPDP itu bekerja sesuai dengan protokoler kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, penutup muka dan lainnya.

Coklik itu dengan prinsip mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Coklik itu dimulai pada 15 Juli-13 Agustus 2020," katanya.

"Beberapa hari pelaksanaan Coklik tidak ada kendala di lapangan," katanya. (*)