SMAN 2 Lubukbasung Agam gratiskan pungutan siswa kurang mampu

id berita agam,berita sumbar,gratis IPP,siswa kurang mampu

SMAN 2 Lubukbasung Agam gratiskan  pungutan siswa kurang mampu

Kepala SMAN 2 Lubukbasung, Wannasri. (antarasumbar/Istimewa)

Ke 80 siswa itu digratiskan untuk membayar IPP dari awal sampai tamat sekolah,
Kabupaten Agam (ANTARA) - SMAN 2 Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggratiskan pungutan iuran pelaksanaan pembelajaran (IPP) bagi 80 dari 1.032 siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.


Kepala SMAN 2 Lubukbasung, Wannasri di Lubukbasung, Rabu, mengatakan 80 siswa itu berasal dari keluarga kurang yang dibuktikan dengan surat keterangan miskin dari wali nagari, tidak memiliki orang tua, memiliki Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan lainnya.

"Ke 80 siswa itu digratiskan untuk membayar IPP dari awal sampai tamat sekolah," tambahnya.

Selain mengratiskan IPP untuk 80 siswa, SMAN 2 Lubukbasung juga memberikan diskon sebesar 75 persen untuk 53 siswa, diskon 50 persen untuk 89 siswa dan diskon 25 persen untuk 57 siswa.

Mereka yang mendapatkan persentase itu setelah tim yang dibentuk pihak sekolah melakukan verifikasi ke rumah siswa.

"Apabila mereka layak mendapatkan diskon pembayaran IPP maka akan kita berikan," katanya.

Ia menambahkan, dana IPP itu Rp120 ribu setiap bulan per siswa. Dana itu untuk mendukung biaya operasional dalam menunjang pendidikan berupa gaji guru honorer dan kegiatan lainnya.

Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah dan Peraturan Gubernur Sumbar No 31 Tahun 2018 tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.

"Kami mengacu aturan dari Disdikbud Sumbar, walaupun ada aturan tidak boleh melakukan pungutan yang dikeluarkan Pemkab Agam saat pandemi COVID-19," ujarnya.

Ia menyebutkan, SMAN 2 Lubukbasung menerima 374 siswa untuk 11 rombongan belajar menggunakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

PPDB itu dengan sistem zonasi, jalur prestasi dan lainnya. (*)