KPU rampungkan verifikasi faktual calon perseorangan di Pilgub Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pilgub sumbar,kpu sumbar

KPU rampungkan verifikasi faktual calon perseorangan di Pilgub Sumbar

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani. (antarasumbar/Istimewa)

Sudah ada yang selesai di dua kabupaten/kota dan hari ini juga sudah ada dua daerah yang selesai,
Kota Padang (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat (KPU Sumbar) merampungkan verifikasi faktual terhadap pendukung calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani di Padang, Selasa, mengatakan seluruh tahapan verifikasi faktual sudah selesai di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), nagari dan kelurahan dan ada juga yang masuk tahap rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Sudah ada yang selesai di dua kabupaten/kota dan hari ini juga sudah ada dua daerah yang selesai,” tambah dia

Ia menjelaskan tahapan verifikasi faktual menemui pendukung sudah selesai semuanya pada tanggal 12 Juli 2020 dan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kecamatan setelah itu tingkat kabupaten kota dan tingkat provinsi.

Menurut dia hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah angka pendukung yang tidak ditemukan, sebab petugas masih melakukan rekapitulasi hingga tanggal 19 Juli 2020.

"Belum semuanya direkap, jadi belum tahu angka yang tidak ditemukan, waktu rekapitulasi masih panjang," katanya.

Sejauh ini, KPU belum ada menerima laporan keberatan dari tim sukses Fakhrizal-Genius Umar di tingkat kecamatan dan saat ini sudah 100 persen diverifikasi yaitu 306.661 pendukung.

“Rekapitulasi di tingkat provinsi akan dilakukan pada 22 dan 23 Juli 2020 dan akan disampaikan kepada pasangan calon apakah ada kekurangan akan dilakukan perbaikan

"Berkas perbaikan bisa diberikan paling lambat pada tanggal 27 Juli 2020, kalau sudah diserahkan kita lakukan verifikasi administrasi dan kita lakukan verifikasi faktual," lanjutnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar