Harga bahan pokok di Payakumbuh relatif stabil jelang Idul Adha

id Harga bahan pokok,Payakumbuh,berita Payakumbuh,Payakumbuh terkini,brita sumbar,sumbar terkini

Harga bahan pokok di Payakumbuh relatif stabil jelang Idul Adha

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Harga bahan kebutuhan pokok di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat beberapa pekan menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah masih relatif stabil.

"Harga bahan pokok masih stabil, tidak ada gejolak harga yang berlebihan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda di Payakumbuh, Senin.

Ia menjelaskan harga pangan pada 13 Juli 2020 berupa beras kualitas I berada di posisi Rp12 ribu per kilogram, beras kualitas II Rp11 ribu per kilogram.

Selanjutnya cabai merah Rp26 ribu per kilogram, bawang merah Rp25 ribu per kilogram, bawang putih Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan daging sapi Rp120 ribu per kilogram, daging ayam Rp23 ribu per kilogram, telur ayam Rp1.550 per butir.

"Untuk gula pasir Rp13 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp10.500 per kilogram, tepung terigu Rp7.500 per kilogram dan kacang kedelai Rp9.500 per kilogram," sebutnya.

Situasi sampai saat ini, kata dia, belum ditemukan kendala yang berdampak terhadap harga bahan pokok, termasuk permasalahan distribusi.

Untuk itu, pihaknya berharap agar petani secara terus menerus menggarap lahannya dan mengatur pola tanam, sehingga harga tetap stabil dan tidak ada hang dirugikan, baik petani, pedagang atau pun pembeli.

"Masyarakat juga diharapkan dapat membeli kebutuhan pokok sesuai dengan kebutuhan saja, tidak membeli dalam jumlah besar," ujarnya.

Selain itu, Edvidel mengimbau agar masyarakat untuk optimal memanfaatkan pekarangan dengan tanaman-tanaman yang produktif dan juga beternak yang disesuaikan dengan ukuran pekarangan. (*)