Yayasan UPI YPTK Padang akan dirikan pesantren berstandar internasional di Kabupaten Solok

id Arosuka, gusmal, pemkab solok, yptk

Yayasan UPI YPTK Padang akan dirikan pesantren berstandar internasional di Kabupaten Solok

Bupati Gusmal terima pimpinan Yayasan YPTK (Antara/ist)

Arosuka (ANTARA) - Yayasan UPI YPTK Padang bersama pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok berencana akan mendirikan pesantren berstandar internasional di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Yayasan UPI YPTK Padang, Herman Nawas, di arosuka, Senin mengatakan salah satu tujuan pembangunan pesantren tersebut ialah untuk mengembangkan ajaran islam serta menciptakan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan dunia luar.

Ia menatakan hal itu pada saat kegiatan kunjungan silaturrahmi Yayasan UPI YPTK Padang bersama pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok.

Ia juga mengatakan demi membangun pesantren berkualitas baik, maka perlu dilakukan kerja sama dengan Universitas Islam Madinah, serta merekrut guru dari negara luar ataupun lulusan luar negeri.

“Untuk itu, kami mengajak pemerintah daerah Kabupate Solok untuk ikut bekerja sama demi kelancaran pembangunan pesantren ini. Selain itu, nantinya kita juga menargetkan agar lulusan pesantren ini dapat melanjutkan studi ke universitas islam madinah maupun universitas islam di negara lain,” kata dia.

Selain itu, Wakil Rektor 4 UPI YPTK Padang, Muhammad Ridwan juga mengatakan pesantren yang akan dibangun nantinya bernama "Pesantren Rahmatan Lil'alamin International Boarding School" yang terletak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak.

Ia menyebutkan pembangunan tersebut rencana akan dilakukan di atas lahan seluas lebih kurang 45 Ha secara bertahap. Untuk tahap satu akan dilakukan pembangunan lebih kurang 10% dari seluruh perencanaan dan akan dimulai pada agustus 2020.

“Selagi melakukan pembangunan, kita juga akan lakukan promosi untuk menarik minat masyarakat masuk ke pesantren yang sedang kita bangun. Kita menargetkan dengan pembangunan yang lebih cepat ini, maka nanti di bulan Juli 2021 kita sudah bisa memulai aktivitas belajar mengajar di pesantren bersama santri angkatan pertama,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Bupati Solok, Gusmal sangat mengapresiasi niat baik pimpinan yayasan UPI YPTK Padang yang akan membangun pusat pendidikan islam berupa Pesantren Rahmatan Lil'alamin International Boarding School) di Kabupaten Solok.

“Pembangunan pesantren ini juga sangat mendukung program Bupati Solok yang selama ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah, yaitu membentuk program sekolah umum berbasis pesantren (SUBP),” ujar dia.

Ia berharap dengan adanya pesantren ini nantinya dapat meningkatkan karakter anak didik menuju karakter akhlakul kharimah serta dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Solok.

Selain itu, ia juga berharap nantinya anak-anak di wilayah Solok yang berkeinginan untuk masuk pesantren tersebut mendapat kemudahan. Kemudian pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan dan kemudahan demi kelancaran pembangunan pesantren.

“Semua izin akan diproses sesuai dengan aturan yang ada. Kami akan mengajak seluruh masyarakat dan unsur terkait agar mendukung pelaksanaan pembangunan, karna hal ini juga akan berdampak pada kemajuan dan perkembangan daerah kita,” kata dia. (*)