Apresiasi daerah di tengah pandemi, Sumbar tetap gelar Peduli Wisata Award Sumbar 2020

id pariwisata Sumbar,peduli wisata award,pwa

Apresiasi daerah di tengah pandemi, Sumbar tetap gelar Peduli Wisata Award Sumbar 2020

Ilustrasi salah satu potensi pariwisata di Kota Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap akan memberikan penghargaan Peduli Wisata Award (PWA) Sumatera Barat 2020 bagi kabupaten/kota yang dinilai memiliki perhatian serius dalam pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata.

"Penghargaan ini untuk memotivasi sekaligus mendorong keseriusan kabupaten dan kota dalam mengembangkan pariwisata yang berkualitas sehingga benar-benar layak untuk dijual," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Sabtu.

Meski masih dalam kondisi pandemi COVID-19, namun Sumbar sudah masuk dalam tatanan hidup normal baru, lanjutnya, salah satu sektor yang didorong untuk segera bergerak untuk membantu pemulihan ekonomi adalah pariwisata.

Karena itu perlu adanya motivasi atau dorongan bagi daerah untuk menggairahkan sektor tersebut salah satunya dengan tetap diberikannya apresiasi atas upaya pengembangan pariwisata di daerah.

Peduli Wisata Award (PWA) dinilai menjadi salah satu upaya konkret dalam upaya memotivasi tersebut.

Novrial mengatakan kepedulian daerah untuk pariwisata, yang akan dinilai itu tidak hanya di atas kertas, tetapi dibuktikan dengan adanya dukungan kepala daerah dan DPRD dalam penyediaan anggaran bidang pariwisata. Anggaran itu tidak hanya di Dinas Pariwisata, tetapi juga di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang terkait.

Misalnya, anggaran pembangunan jalan pariwisata di Dinas Pekerjaan Umum atau anggaran penanggulangan sampah di destinasi wisata dan kegiatan lain yang mendukung.

"Pariwisata memang bukan pekerjaan satu orang, tapi banyak pihak yang memiliki visi dan misi yang sama," katanya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata juga akan menjadi salah satu indikator penilaian. Demikian pula dengan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata dalam era normal baru.

"Dengan penilaian seperti itu, semua daerah memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik," kata dia.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Sumbar, Doni Hendra mengatakan penilaian dilakukan oleh tim independen yang terdiri dari enam orang sehingga penilaian lebih komprehensif dan bebas dari kepentingan kedaerahan.

Sebagian besar bahan yang dibutuhkan diunggah oleh masing-masing daerah pada laman khusus yang disediakan. Proses yang lebih melibatkan teknologi dalam penilaian itu untuk mengurangi intensitas pertemuan tatap muka karena masih dalam masa pandemi. Pemenang akan umumkan pada November 2020.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Jumarel Andiko mengatakan PWA adalah salah satu penyemangat bagi daerah untuk terus melakukan inovasi dalam pengembangan destinasi wisata unggulan di daerah.*
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar