Tingkatkan keamanan distribusi BBM, PT EPN menggelar DDT bagi personel TNI Korem 032 Wirabraja

id Pengamanan BBM, pelatihan TNI, terminal BBM,teluk kabung, elnusa petrofin, sumbar terkini

Tingkatkan keamanan distribusi BBM, PT EPN menggelar DDT bagi personel TNI Korem 032 Wirabraja

PT Elnusa Petrofin (EPN) selaku pengelola Fuel Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Sumatera Barat, karenanya digelar pelatihan khusus atau Defensive Driving Training (DDT) bagi personel TNI Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat.  (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Tanggungjawab untuk memastikan keamanan dan keselamatan personil maupun muatan yang diangkut merupakan prioritas utama bagi PT Elnusa Petrofin(EPN) selaku pengelola Fuel Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Sumatera Barat, karenanya digelar pelatihan khusus atau Defensive Driving Training (DDT) bagi personel TNI Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat.

Sebab, menghantarkan energi ke penjuru negeri merupakan tugas mulia yang cukup berat, jarak tempuh yang terkadang cukup jauh, kondisi medan yang beragam bahkan terkadang cukup ekstrim ditambah lagi dengan cuaca buruk serta gangguan keamanan dapat menjadi kendala distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada khususnya.

Justru itu, EPN selalu bersinergi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya seperti TNI/Polri untuk turut memastikan penyaluran dan distribusi energi berjalan dengan aman, lancar serta tepat waktu, seperti rilis diterima, Rabu.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para personil TNI dalam menghadapi situasi dan kondisi darurat khususnya yang berkaitan dengan pengantaran dan penyaluran BBM, Elnusa Petrofin memberikan pelatihan khusus kepada personil TNI Korem 032/Wirabraja dalam Defensive Driving Training (DDT).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai pada 6-9 Juli 2020 berlokasi di Integrated Terminal Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Sumatera Barat. Sekitar 50 peserta yang keseluruhannya merupakan personil TNI Korem 032/Wirabraja Padang ini dibagi menjadi beberapa batchagar pelatihan dapat lebih maksimal dan dilatih oleh trainer dari Dept HSSE (Health Safety Security and Environment) Elnusa Petrofin serta trainer dari eksternal yang sangat berpengalaman dalam hal ini.
PT Elnusa Petrofin(EPN) selaku pengelola Fuel Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Sumatera Barat, karenanya digelar pelatihan khusus atau Defensive Driving Training (DDT) bagi personel TNI Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat. (Istimewa)
Dalam pelatihan DDT ini para personil diberikan pengetahuan dan praktik mengenai tata cara defensive driving, Proses, Standar Operation Procedure (SOP) serta Instruksi Kerja dalam proses pendistribusian BBM kelembaga penyalur.

Selain itu para personil TNI tersebut juga diberi pengetahuan mengenai tata cara pengisian BBM ke Mobil Tangki di filling shed serta materi keamanan dan keselamatan lainnya.

Nur Kholis selaku Direktur Operasional dan Marketing Elnusa Petrofin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan bagi stakeholders.

“Kami berusaha memberikan knowledge value mengenai Defensive Driving kepada para personil TNI di Korem032/Wirabraja sehingga para personil TNI tersebut juga semakin tangguh dalam mendukung kami menghadapi keadaan darurat terhadap gangguan dan ancaman yang mungkin terjadi dalam operasional kami menghantarkan energi,” ujar Nur Kholis.

Integrated Terminal Manager Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Andi Ramadhan menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Elnusa Petrofin atas inisiatifnya dalam mengadakan Training Defensive Driving kepada Personel TNI Korem 032 /Wirabraja Sumatera Barat untuk mendukung pengawasan dan keamanan operasional BBM di Terminal BBM Pertamina Teluk Kabung dengan bersinergi mewujudkan pengamanan Objek Vital Nasional.

Sedangkan Brigjend TNI Arief Gajah Mada SE,.MM selaku Danrem 032/Wirabraja mengucapkan terimakasih kepada Elnusa Petrofin atas kontribusinya dengan memberikan Training Defensive Drive Training kepada para personil TNI Korem /032 Wirabra-jayang tentunya sangat dibutuhkan bagi para personil dalam pengamanan Objek Vital Nasion-aldi Integrated Terminal Pertamina Teluk Kabung pada khususnya.
PT Elnusa Petrofin(EPN) selaku pengelola Fuel Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina (persero) Teluk Kabung Padang Sumatera Barat, karenanya digelar pelatihan khusus atau Defensive Driving Training (DDT) bagi personel TNI Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat. (Istimewa)