Real Madrid jadi juara Liga Spanyol musim ini, Ramos: Bukan karena bantuan wasit

id sergio ramos, real madrid,liga spanyol

Real Madrid jadi juara Liga Spanyol musim ini, Ramos: Bukan karena bantuan wasit

Kapten Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi selepas mencetak gol dari tendangan penalti ke gawang Athletic Bilbao dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Minggu (5/7/2020). (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta, (ANTARA) - Kapten Real Madrid Sergio Ramos menegaskan jika timnya berhasil menjadi juara Liga Spanyol musim ini itu semua bukan karena bantuan dari wasit.

Suporter tim-tim lawan jelas menyoroti kemenangan Real Madrid dalam lima pertandingan terakhir yang empat di antaranya selalu diwarnai hadiah tendangan penalti dari wasit, termasuk ketika Los Blancos mengatasi Athletic Bilbao 1-0 dalam laga pekan ke-34 di San Mames, Minggu.

Ramos yang selalu menjadi pilihan utama penendang penalti kembali melesakkan gol dari titik putih, membuatnya di dua laga terakhir jadi penentu kemenangan Real Madrid.

"Kami tidak akan menjuarai La Liga dibantu wasit dan jika kami tidak juara itu juga bukan karena mereka," kata Ramos dalam komentar pascalaga dilansir laman resmi Real Madrid.

"Siapapun yang melakukan kesalahan dan tidak mendapat hasil yang diinginkan, saya pikir mereka perlu berkaca dan menyalahkan pemainnya sendiri," ujarnya menambahkan.

"Tak seorang pun perlu menyelamati wasit karena Real Madrid berada di puncak klasemen," kata Ramos lagi.

Kemenangan atas Bilbao membuat Real Madrid mantap di puncak klasemen dengan koleksi 77 poin atau unggul tujuh poin atas juara bertahan Barcelona yang baru main dalam laga lebih larut.

Ramos juga berbagi sedikit rahasia keberhasilannya menjaga tren positif dari titik putih.

"Setiap hendak mengeksekusi penalti yang saya pikirkan hanyalah tiga poin untuk tim. Saya cukup nyaman dalam situasi yang penuh tensi dan ketidakpastian itu," katanya.

"Saya pikir saya cukup tepat untuk mengemban tanggung jawab itu dan hasilnya berbicara sendiri. Saya akan terus melakukannya, dan jika itu membantu tim menang, tentu lebih bagus," pungkas Ramos.

Real Madrid selanjutnya akan menjamu Alaves di Stadion Alfredo di Stefano dalam laga pekan ke-35 pada Jumat (10/7) waktu setempat (Sabtu WIB), berkesempatan untuk menapaki satu langkah lagi lebih dekat dengan gelar juara. (*)