Kabupaten Solok terima dana Rp18 miliar dari Kementerian PUPR untuk Program Kotaku

id gusmal,kabupaten Solok

Kabupaten Solok terima dana Rp18 miliar dari Kementerian PUPR untuk Program Kotaku

Bupati Solok Gusmal dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar, Syafriyanti saat serah terima hibah dari PUPR untuk pembangunan di Kabupaten Solok. (ANTARA/Humas Solok)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menerima dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp18 miliar untuk program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) dan lainnya.

"Dana hibah yang disalurkan merupakan bantuan dari Kementerian PUPR yang dialokasikan untuk pembangunan dan pengembangan daerah dan masyarakat," kata Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar, Syafrianti di Solok, Kamis (2/7).

Bantuan tersebut diserahkan ke Bupati Solok, Gusmal yang nantinya dikoordinir Dinas PUPR setempat dalam sistem pengelolaannya.

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Solok dana hibah yang diserahkan lebih kurang sebesar Rp18 miliar. Diharapkan bisa membantu program Kotaku dan pembangunan lain yang dirasa sangat dibutuhkan untuk masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk beberapa program kegiatan yang berbasis masyarakat diantaranya program Kota Tanpa Kumuh (KoTaKu), pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW), pamsimas dan sanitasi desa.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal berterima kasih pada Kementerian PUPR melalui kepala balai prasarana pemukiman wilayah Sumbar yang telah mengalokasikan dana hibah untuk pengembangan dan pembangunan daerah di wilayah Kabupaten Solok.

Pihaknya berharap apa yang telah direncanakan oleh kementerian PUPR untuk pembangunan daerah atau nagari dapat berjalan dengan lancar dan sukses demi kepentingan bersama sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah daerah akan selalu mendukung berbagai program yang telah dibuat oleh kementerian PUPR demi pembangunan dan kemajuan daerah," ujarnya.

Gusmal berharap jika ada program dan kegiatan dari balai prasarana pemukiman wilayah Sumbar yang diperuntukkan bagi Solok, agar dapat dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pemerintah daerah setempat melalui dinas PUPR.

"Hal ini kami lakukan agar memudahkan dalam hal koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan nagari sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan baik di lapangan," sebutnya.

Acara juga dihadiri Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar, Syafriyanti, Koordinator program kotaku Afriadi Rahman, Koordinator Program Pamsimas setempat Yuliharman, Tenaga ahli Program Pisew Provinsi Sumbar Suharyanto dan Kepala Barenlitbang Erizal.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar