6.000 unit rumah di Pesisir Selatan direhabilitasi

id rehabilitasi rumah,pesisir selatan

6.000 unit rumah di Pesisir Selatan direhabilitasi

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat menggelar pertemuan dengan fasilitator pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni. (ANTARA/HO-Humas Pesisir Selatan)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Sebanyak 6.000 unit rumah tidak layak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat telah direhabilitasi sejak 2016 hingga tahun ini, kata pejabat setempat.

"2020 ini Pesisir Selatan kembali merehabilitasi sebanyak 1.293 unit rumah tidak layak melalui program stimulan perumahan swadaya, dengan begitu total 6.000 unit yang telah direhabilitasi," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Rabu.

Hal itu ia katakan ketika menggelar pertemuan dengan fasilitator pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni bantuan stimulan perumahan swadaya daerah setempat.

Bantuan yang digunakan untuk merehabilitasi 1.293 unit rumah tidak layak bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN) sebesar Rp2,9 miliar.

Ia menyebut rumah tidak layak yang direhabilitasi tersebar di beberapa kecamatan diantaranya IV Jurai, Ranah Pesisir, Ranah Ampek Hulu Tapan, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Airpura, Bayang dan Basa Ampek Balai Tapan.

"Per unit rumah yang direhabilitasi menelan anggaran sebesar Rp17,5 juta," kata dia.

Kepada fasilitator sebagai pendamping kegiatan ia bepesan agar mendorong program terlaksana dengan baik, serta juga menyampaikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat.