Pemkot Payakumbuh tidak fasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha

id idul adha,payakumbuh

Pemkot Payakumbuh tidak fasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha

Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri. (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak akan memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 hijriah yang biasanya rutin digelar setiap tahun.

Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri di Payakumbuh, Rabu mengatakan keputusan untuk tidak memfasilitasi shalat Idul Adha tersebut agar masyarakat tidak terkonsentrasi di satu tempat.

"Sama dengan saat Idul Fitri tahun ini, kami tidak akan fasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini. Kalau kami fasilitasi pelaksanaan shalat id bisa membuat masyarakat terkonsentrasi di satu tempat," kata dia.

Biasanya, Pemkot Payakumbuh terus menggelar atau memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Adha. Tahun sebelumnya Pemkot Payakumbuh menggelar shalat Idul Adha di halaman Kantor Balaikota.

Meski begitu, masyarakat tetap diperbolehkan menggelar shalat Idul Adha di masjid atau di lapangan namun tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

Tapi, masyarakat diminta untuk melaksanakan shalat Idul Adha di masjid yang ada di dekat rumah masing-masing. Sehingga pemantauan pun akan lebih mudah dilaksanakan.

"Di sini sangat dibutuhkan peran dari pengurus masjid dan masyarakat sekitar untuk memantau jamaah yang shalat di daerah nya. Ini untuk kebaikan kita bersama," sebutnya

Ia mengatakan memasuki era normal baru, Pemerintah Kota Payakumbuh tengah menyiapkan peraturan wali kota dalam pelaksanaan ibadah," kata dia.

Secara umum, Pemkot Payakumbuh telah memperbolehkan seluruh kegiatan keagamaan di rumah ibadah telah diperbolehkan.

"Di aturan itu masyarakat telah dibolehkan melakukan ibadah di rumah ibadah dengan mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan semaksimal mungkin tetap mengurangi kegiatan di luar rumah," ujarnya. (*)