Laksanakan tahapan Pilkada, personel KPU dan Bawaslu Pasaman Barat jalani tes cepat COVID-19

id Tes cepat,rapid tes, covid-19, pemkab pasaman barat

Laksanakan tahapan Pilkada, personel KPU dan Bawaslu Pasaman Barat jalani tes cepat COVID-19

Jajaran KPU Pasaman Barat saat melaksanakan tes cepat COVID-19 antisipasi penyebarannya karena petugas KPU langsung berhubungan dengan masyarakat. (ist)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan tes cepat atau rapid test Corona Virus Disease (COVID-19).

"Benar, kami melaksanakan tes cepat terhadap petugas verifikator yang ada diseluruh kecamatan," kata Ketua KPU Pasaman Barat Alharis di Simpang Empat, Minggu

Ia mengatakan dalam melaksanakan tes cepat pihaknya bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan sudah dimulai sejak Jumat (26/6).

"Saat ini tim verifikator yang terlebih dahulu kami lakukan tes cepat sebagai langkah antisipasi kemungkinan adanya penyebaran COVID-19," katanya.

Menurutnya tes terhadap verifikator dilakukan karena tugas tim verifikator yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Kami harus pastikan bahwa tim kami dalam keadaan sehat dan tidak terkonfirmasi COVID-19 sebelum turun ke lapangan melaksanakan verifikasi faktual bakal calon perseorangan," sebutnya.

Sementara itu 64 orang jajaran Bawaslu Pasaman Barat juga telah mengikuti tes cepat COVID-19.

Menurut Ketua Bawaslu Pasaman Barat Emra Patria, tes cepat diikuti oleh seluruh komisioner, sekretariat Bawaslu kabupaten dan Panwaslu tingkat kecamatan dengan total 64 orang dan 1 orang menyusul.

"Tes cepat dilakukan guna memastikan seluruh jajaran pengawas benar-benar terbebas dari corona sebelum melaksanakan tugas-tugas pengawasan," katanya.

Ia menjelaskan hasil tes cepat seluruh personel Bawaslu dan Panwaslu kecamatan dengan hasil non reaktif. Sesuai dengan pernyataan tim yang melakukan tes cepat dari Dinas Kesehatan Pasaman Barat.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar