Gerak cepat Hendrajoni, perbaikan Irigasi Jalamu Batang Kapas dituntaskan dalam dua pekan

id irigasi jalamu, irigasi batang kapas

Gerak cepat Hendrajoni, perbaikan Irigasi Jalamu Batang Kapas dituntaskan dalam dua pekan

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tinjau irigasi Jalamu. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Perbaikan Irigasi Jalamu, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan akan dituntaskan dalam dua pekan ke depan sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh petani kecamatan setempat.

"Dua pekan ke depan irigasi ini ditarget sudah bisa mengalirkan air ke 770 hektare sawah di Batang Kapas," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Minggu.

Ia meninjau irigasi itu didampingi sejumlah pejabat daerah setempat, Sabtu.

Ia meyakini bendungan irigasi yang akan dibangun lebih kokoh dibanding sebelumnya karena dipasangi batu jeti atau batu gajah yang biasa digunakan untuk memecah gelombang ombak untuk mencegah abrasi pantai.

"Kegiatan ini dialokasikan melalui dana tak terduga yang ada di BPBD Pesisir Selatan karena status perbaikannya mendesak," katanya lagi.

Ke depan ia mengaku akan membuka pembicaraan dengan pejabat Provinsi Sumatera Barat untuk membangun Irigasi Jalamu karena kewenangannya ada di provinsi.

"Kami memperkirakan dibutuhkan anggaran lebih kurang Rp20 miliar untuk membangun irigasi ini, mudah-mudahan pejabat Provinsi Sumatera Barat memberi respon positif," katanya lagi.

Dengan bisa dimanfaatkannya Irigasi Jalamu dengan maksimal ia berharap petani bisa turun ke sawah minimal tiga kali dalam setahun tanpa menunggu masuknya musim penghujan.

Kunjungan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni didampingi sejumlah pejabat kabupaten setempat termasuk anggota DPRD, Camat Batang Kapas dan sejumlah tokoh masyarakat.(*)
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar