Terkait dugaan pembakaran bendera partai, PDIP Sumbar pastikan dukung perintah Ketum Megawati Sukarnoputri

id PDI Perjuangan, Padang, Sumbar

Terkait dugaan pembakaran bendera partai, PDIP Sumbar pastikan dukung perintah Ketum Megawati Sukarnoputri

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman (ANTARA / Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman memastikan kader partai berlambangkan banteng moncong putih ini akan selalu tegak lurus terhadap perintah Ibu Ketua Umum, Megawati Sukarnoputri.

“Ketua Umum menegaskan PDI Perjuangan tidak pernah memiliki keinginan untuk memecah belah bangsa sebab kader PDI Perjuangan adalah pengikut Bung Karno yang menempatkan Pancasila sebagai suluh perjuangan. Seluruh kader, tegak lurus dengan perintah Ibu Ketum ini,” kata dia melalui keterangan tertulis di Padang,Sabtu

Ia mengatakan merujuk pada perintah Harian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri tanggal 25 Juni 2020 menyikapi insiden pembakaran bendera PDI Perjuangan dalam aksi unjuk rasa penolakan atas RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di Gedung DPR RI, Rabu.

Menurut dia kader PDI Perjuangan telah diperintahkan Ketua Umum untuk menempuh jalan hukum.

“PDI Perjuangan akan terus mengobarkan perjuangan bagi dedikasi partai untuk rakyat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata dia

Ia mengatakan dengan mengutip surat Ketum, PDI Perjuangan adalah partai yang sah dan dibangun melalui sejarah panjang serta berakar kuat pada sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, melalui Partai Nasional Indonesia yang didirikan Bung Karno pada 4 Juli 1927.

Selain itu, PDI Perjuangan juga memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan hak demokrasi rakyat, meskipun membawa konsekuensi dipecah belah dan puncaknya penyerangan kantor partai pada 27 Juli 1996.

Menurut dia setiap kader PDI Perjuangan harus terus merapatkan barisan. Tempuh lah jalan hukum, perkuat persatuan dengan rakyat.

“Sekali merdeka tetap merdeka, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Bendera selalu tegak. Seluruh kader siap menjaganya.” katanya