Bupati Solok ikuti penyerahan LHP LKPD 2019 BPK RI perwakilan Sumbar

id Gusmal, WTP,BPK, Arosuka Solok

Bupati Solok ikuti penyerahan LHP LKPD 2019 BPK RI perwakilan Sumbar

Bupati Solok Gusmal mengikuti kegiatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 oleh BPK RI perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) secara virtual. (Antara/Ist)

Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok Gusmal mengikuti kegiatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 oleh BPK RI perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) secara virtual.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat Yusnadewi, dalam sambutanya melakukan Vidcon, Jumat mengucapkan selamat kepada bupati Solok dan seluruh jajaran karena telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

"Opini WTP ini merupakan WTP Ketiga kali berturut-turut yang diraih oleh Pemkab Solok," ujar dia.

Ia menyampaikan hal itu dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkab Solok tahun anggaran 2019 yang dilakukan secara virtual.

Ia juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Solok. Selain itu, juga menyampaikan beberapa catatan dalam LHP LKPD Pemkab Solok tahun anggaran 2019 yang masih ditemukan oleh tim pemeriksa.

Diharapkan Pemkab Solok dapat terus meningkatkan pengelolaan keuangan daerah, serta bagi DPRD juga dapat meningkatkan pengawasannya.

Dia samping itu, Bulati Solok Gusmal juga mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Pemkab Solok dalam menyampaikan sambutan mewakili bupati dan wali kota yang hadir pada hari ini dalam rangka penyerahan LKPD.

"Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya pada BPK RI perwakilan Sumatera Barat yang telah berkenan melakukan pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten/Kota tahun 2019 meskipun dalam suasana Indonesia umumnya, Sumatera Barat Khususnya sedang dilanda pendemi wabah COVID-19," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih yang telah memberi masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2019.

Menurut dia laporan pemeriksaan ini tentunya merupakan hasil kinerja yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota selam kurun waktu tahun 2019 sekaligus juga bentuk pertanggung jawaban Pemerintah Kabupaten / Kota terhadap pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja pemeritahan Kabupaten / Kota tahun anggaran 2019 yang lalu.

"Menyadari bahwa dalam penyajian laporan keuangan jelas terdapat kelemahan dan kekurangan sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus kami tindak lanjuti untuk perbaikan di masa datang," kata dia.

Tentunya dalam mengimplementasikan rekomendasi tersebut, kami mohon juga bimbingan dan arahan BPK RI perwakilan Safeea Barat agar tindak lanjuti hasil pemeriksaan dan terealisasi tepat waktu.

Bupati Solok Mewakili kepala daerah yang hadir pada hari ini. mengucapkan terima kasih kepada kepala BPK perwakilan sumatera barat beserta jajaran atas pembinaan yang dilakukan selama proses pemeriksaan berlangsung.

"Selanjutnya harapan kami semua, pemerintah kabupaten / Kota khusunya pemerintah daerah yang di undang pada hari ini dapat memberikan kepercayaan kepada kami dengan memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019," kata dia. (*)