Meski tak mengubah posisi di klasemen, Celta perlebar jarak aman degradasi usai kalahkan Real Sociedad 1-0

id celta vigo,liga spanyol,sociedad,osasuna,alaves

Meski tak mengubah posisi di klasemen, Celta perlebar jarak aman degradasi usai kalahkan Real Sociedad 1-0

Penyerang sekaligus kapten Celta Vigo Iago Aspas melakukan selebrasi usai sukses mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Alaves dalam laga lanjutan Liga Spanyol tnapa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Spanyol, Rabu (24/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@LaLiga)

Jakarta, (ANTARA) - Celta Vigo terus memperlebar jarak aman dari zona degradasi seusai mengalahkan tuan rumah Real Sociedad 1-0 dalam laga pekan ke-31 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hasil itu tak mengubah posisi Celta di urutan ke-16 klasemen, tetapi kini mereka mengoleksi 33 poin alias memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi tujuh poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kemenangan tersebut dipetik Celta berkat gol tunggal Iago Aspas, yang mengeksekusi tendangan penalti dengan baik ke pojok kiri bawah gawang menaklukkan kiper Alex Remiro.

Tendangan penalti diperoleh tim tamu hanya empat menit setelah Sociedad hampir membuka keunggulan lewat tandukan Mikel Merino yang bisa diamankan kiper Ruben Blanco di tengah gawang.

Sociedad terus mengendalikan jalannya permainan, bahkan mendominasi 59 persen penguasaan bola sepanjang laga. Sayangnya, 13 percobaan tembakan, yang enam di antaranya menemui sasaran, tak menghasilkan satu gol pun hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Praktis bagi Sociedad kekalahan itu membuat mereka harus rela tertahan di urutan ketujuh klasemen dengan koleksi 47 poin, setelah dilompati Villarreal (48) dua hari yang lalu.

Bahkan posisi Sociedad bisa keluar dari zona Eropa, apabila Valencia (46) memenangi pertandingan mereka kontra Eibar (29) besok.

Selanjutnya, untuk laga pekan ke-32 Sociedad bakal bertandang ke markas Getafe pada Senin (29/6) waktu setempat (Selasa WIB), sedangkan Celta main dua hari lebih awal menjamu Barcelona.

Osasuna bawa pulang tiga poin

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Mendizorroza, Osasuna membawa pulang tiga poin penuh seusai menundukkan tuan rumah Alaves dengan skor 1-0.

Toni Lato menjadi pencetak gol semata wayang penentu kemenangan Osasuna pada menit ke-64 lewat sepakan kaki kirinya.

Kemenangan itu membuat Osasuna naik satu strip ke urutan ke-11 dengan koleksi 38 poin, sedangkan Alaves (35) tertahan di posisi ke-13 dan terancam melorot jika Real Betis (34) menang besok.

Alaves bakal bertandang ke markas Atletico Madrid untuk laga pekan ke-32 pada Sabtu (27/6) waktu setempat (Minggu WIB), beberapa jam setelah Osasuna menjamu Leganes di El Sadar. (*)