Permudah pembinaan, KONI Solok Selatan susun database pelaku olahraga

id Rengga Husada,database atlet,database atlet solok selatan,berita solok selatan,solok selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini,KONI solok selatan

Permudah pembinaan, KONI Solok Selatan susun database pelaku olahraga

Ketua KONI Solok Selatan Rengga Husada. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyusun database pelaku olahraga mulai dari atlet, pelatih dan wasit untuk memudahkan pemantauan dan penyaluran dana pembinaan.

"Pelaku olahraga yang sudah terdata nantinya akan diberi sebuah kartu identitas, dan dana pembinaan serta ansuransi kecelakaan dan cedera ketika latihan maupun bertanding," kata Ketua KONI Solok Selatan Rengga Husadadi Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, sosialisasi penyusunan database atlet, pelatih dan wasit ini sudah dilakukan terhadap cabang olahraga dan sudah ada yang mendaftar.

Pendataan atlet, pelatih, dan wasit ini katanya, akan memudahkan KONI dalam melakukan memantau pelaku olahraga di daerah itu.

"Dengan adanya database ini maka dana pembinaan yang disalurkan akan lebih tepat sasaran," ujarnya.

Dia menjelaskan, database atlet, pelatih, dan wasit sejauh ini belum dimiliki oleh lembaganya, padahal ini sangat diperlukan demi menghindari hal-hal seperti pemalsuan umur di kalangan atlet maupun pemantauan bagaimana pembinaan oleh cabang olahraga.

Dengan adanya database katanya, juga memudahkan KONI dalam memantau mutasi atlet dalam perpindahan atlet sehingga bisa diketahui rekam jejak yang dimiliki pelaku olahraga.

Selain itu dengan database juga bisa dilihat sejauhmana prestasi seorang atlet serta lisensi seorang pelatih maupun wasit.

Dia menambahkan, dengan database juga bisa dilihat sejauhmana pembinaan yang dilakukan oleh cabang olahraga terhadap atletnya.

"Dalam database cabang olahraga juga bisa mendaftarkan atlet baru atau yang belum pernah bertanding sama sekali untuk regenerasi," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar