Sempat ditutup sementara karena COVID-19, pelayanan administrasi penduduk Solok kembali dibuka

id pelayanan administrasi kependudukan,kota solok,pandemi covid-19

Sempat ditutup sementara karena COVID-19, pelayanan administrasi penduduk Solok kembali dibuka

Beberapa orang warga sedang mengurus surat kependudukan di depan Dinas Dukcapil Kota Solok, Selasa. (Antara/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, kembali membuka pelayanan administrasi kependudukan dalam layanan langsung tatap muka untuk warga setempat setelah sebelumnya layanan tersebut hanya melalui online karena pandemi COVID-19.

"Setelah era normal baru, warga Kota Solok bisa mengurus langsung seluruh dokumen yang dibutuhkan mulai 8 Juni lalu," kata Pelaksana Tugas (PLT) Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Solok, Bitel di Solok, Selasa.

Ia menjelaskan dibukanya kembali layanan administrasi kependudukan ini untuk memberi kemudahan kepada warga Kota Solok dalam pengurusan dokumen kependudukannya, seperti Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian, perekaman e-KTP, surat pindah, dan legalisir.

"Karena selama pelaksanaan PSBB warga mengurus melalui dalam jaringan (daring atau online) juga via Kantor Pos," ujarnya.

Menurutnya, warga yang melengkapi dokumen dan mengirim ke pos, sementara biaya pengiriman via pos ditanggung dinas Dukcapil, semuanya dapat berjalan lancar sesuai aturan.

Saat ini pelayanan tetap mengacu kepada protokol Kesehatan COVID- 19, masyarakat yang mengurus harus terlebih dahulu cuci tangan, mengukur suhu, dan harus pakai masker.

"Dan petugas dilengkapi sarung tangan termasuk vitamin," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar