Sempat tertinggal hingga turun minum, Chelsea bangkit tundukkan Aston Villa 2-1

id chelsea,aston villa,liga inggris,olivier giroud,christian pulisic,kortney hause

Sempat tertinggal hingga turun minum, Chelsea bangkit tundukkan Aston Villa 2-1

Penyerang Chelsea Olivier Giroud melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (21/6/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill)

Jakarta, (ANTARA) - Chelsea bangkit menundukkan tuan rumah Aston Villa 2-1 dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu, berkat keberhasilan mencetak dua gol dalam kurun waktu tiga menit.

Chelsea sempat tertinggal hingga turun minum akibat gol Kortney Hause, tetapi dua gol beruntun yang dicetak Christian Pulisic dan Olivier Giroud pada menit ke-60 dan ke-62 berhasil membawa The Blues menang.

Kemenangan itu memantapkan posisi Chelsea di peringkat keempat klasemen dengan koleksi 51 poin, tertinggal tiga poin di belakang Leicester City (54) dan unggul enam poin atas Manchester United (46).

Sedangkan Villa (27) tertahan di zona degradasi, menempati urutan ke-19, dengan kebutuhan dua poin untuk mengamankan diri di kasta tertinggi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Menghadapi Chelsea yang berjuang untuk memutus catatan nirmenang dalam empat laga tandang terakhirnya, Villa memilih untuk mempertebal lini pertahanan mereka sembari mencari-cari kesempatan untuk melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-21 Mason Mount mengancam pertahanan tuan rumah lewat tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis oleh kiper Orjan Nyland dan hanya berbuah sepak pojok.

Sepuluh menit kemudian Willian mengirimkan umpan tarik tajam ke muka gawang Villa, tetapi tak satu pun rekan-rekannya mampu menyambut bola dan sesaat kemudian tendangan jarak jauh Mateo Kovacic bisa diamankan oleh Nyland.

Di sisi gawang berbeda, Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tembakan spekulasi Anwar El Ghazi.

Pada menit ke-40, Mount berhasil melewati hadangan Matt Targett sebelum mengirim umpan terukur ke area tiang jauh, sayang penyelesaian Ruben Loftus-Cheek melenceng dari sasaran.

Tiga menit kemudian, malah tuan rumah yang berhasil mencuri keunggulan ketika Douglas Luiz mengirim umpan silang yang berhasil disambut oleh Hause untuk menaklukkan Kepa dan membawa Villa memimpin 1-0 atas Chelsea.

Keunggulan Villa bertahan setelah babak pertama diakhiri dengan tembakan voli Kovacic yang sudah tak terjangkau oleh Nyland masih menyamping di sisi gawang.

Chelsea memasuki babak kedua dengan intensitas permainan yang lebih menyerang tetapi mereka baru memetik hasilnya 15 menit setelah sepak lanjut.

Pada menit ke-60, Chelsea terlebih dulu menyamakan kedudukan melalui gol Pulisic yang memanfaatkan umpan silang kiriman Cesar Azpilicueta.

Dua menit kemudian, Chelsea menuntaskan misi kebangkitan mereka ketika Azpilicueta melepaskan umpan tarik yang disambut satu sentuhan oleh Giroud sebelum diselesaikan dengan tembakan yang bolanya sempat membentur pemain lawan sebelum mengecoh Nyland dan bersarang ke gawang tuan rumah.

Kendati sudah unggul, tugas Chelsea tak lantas berakhir beruntung ancaman yang datang lewat tendangan bebas Jack Grealish berakhir dengan sundulan Hause yang melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit ke-86 Nyland melakukan penyelamatan akrobatik untuk menghalau tembakan jarak jauh Willian. Tiga menit kemudian Chelsea hampir kehilangan keunggulannya, beruntun tembakan Jota Peleitero masih melenceng tipis di sisi gawang dan tim tamu sukses menjaga keunggulan mereka hingga peluit tanda laga usai berakhir.

Villa selanjutnya akan bertandang ke markas Newcastle United untuk pertandingan pekan ke-31 pada Rabu (24/6) waktu setempat (Kamis WIB), sedangkan Chelsea baru main sehari berselang menjamu Manchester City.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-3-3): Orjan Nyland; Ezri Konsa, Kortney Hause, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn (Jota Peleitero), Douglas Luiz, Conor Hourihane (Marvelous Nakamba); Anwar El Ghazi (Trezeguet), Keinan Davis (Mbwana Samatta), Jack Grealish

Pelatih: Dean Smith

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Ruediger, Marcos Alonso; Mateo Kovacic (Ross Barkley), N'Golo Kante, Mason Mount; Willian (Reece James), Olivier Giroud (Tammy Abraham), Ruben Loftus-Cheek (Christian Pulisic)

Pelatih: Frank Lampard