LLDIKTI Wilayah X sebut 30 program studi PTS sudah terakreditasi A

id Berita Padang, LLDIKTI

LLDIKTI Wilayah X sebut 30 program studi PTS sudah terakreditasi A

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara / Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyebutkan 30 program studi (Prodi) perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan kerjanya yaitu Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau sudah terakreditasi A.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, saat di Padang, Sabtu mengatakan berdasarkan pangkalan data dan informasi LLDIKTI Wilayah X, 30 program studi di PTS saat ini sudah terakreditasi A. Kemudian 70 persen dari 1.002 program studi terakreditasi B dan C.

"Peringkat akreditasi ini tentunya harus terus ditingkatkan sejalan dengan peningkatan mutu penyelenggaraan PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 mengenai akreditasi program studi dan perguruan tinggi bahwa status akreditasi program studi merupakan penilaian kelayakan suatu program studi maupun perguruan tinggi.

Penilaian akreditasi dilakukan berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

"Perpanjangan kembali masa berlaku dilakukan tanpa melalui permohonan perpanjangan akreditasi," ujar dia.

Akan tetapi, lebih lanjut ia mengatakan BAN-PT dalam hal ini tetap melakukan pemantauan salah satunya melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi sebelum memperpanjang status akreditasi tersebut. (*)