Pasien DBD di Pasaman Barat bertambah

id Dbd

Pasien DBD di Pasaman Barat bertambah

Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat melakukan fogging di RT.03 Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo antisipasi berkembangnya nyamuk DBD, Sabtu (20/6). (ANTARA SUMBAR/ist)

Simpang Empat (ANTARA) - Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ophir Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah satu orang.

"Memang benar ada penambahan kasus satu orang perempuan AR (14) dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular (P2M) Dinas Kesehatan Pasaman Barat Gina Alecia, Sabtu.

Ia mengatakan satu orang pasien itu beralamat di Ophir Kecamatan Luhak Nan duo atau dekat SMP 1 dan Puskesmas.

"Saat ini pasien telah mendapatkan perawatan intensif di RSUD," katanya.

Dengan adanya penambahan pasien itu maka hingga saat ini ada empat orang warga Ophir yang mendapatkan perawatan di rumah sakit. Satu orang sebelumnya juga terjangkit dan sudah sembuh.

Menyikapi perkembangan DBD itu maka Sabtu (20/6) pagi pihak Dinas Kesehatan melakukan pengasapan atau fogging di sekitar Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo.

"Dekat SMP 1 Ophir dan sekitarnya atau di Ophir RT. 03 Kenagarian Koto Baru sudah difogging," sebutnya.

Ia berharap dengan telah dilakukannya gotong royong pada Jumat (19/6) dan fogging pada Sabtu (20/6) maka perkembangan nyamuk bisa diberantas.

"Terpenting sekali kepada masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan dan menguras dan menutup tempat penampung air," ujarnya.

Petugas yang melakukan fogging menggunakan atribut masker dan sarung tangan. Selain itu juga ikut perwakilan dari Pukesmas Ophir dan tokoh masyarakat setempat.

"Mudah-mudahan dengan dilakukan pengasapan ini bisa mengurangi dan menghilangkan nyamuk penyebab DBD ini," kata Ketua RT 03 Ophir Lea. *

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar