Pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh semua

id pasien covid-19,pandemi covid-19,pesisir selatan

Pasien COVID-19 di Pesisir Selatan sembuh semua

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan, Rinaldi. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Pasien terinfeksi virus Corona jenis baru atau COVID-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sebanyak 18 orang telah sembuh semuanya.

"Pasien yang sembuh hari ini berinisial RPA (35). Ia merupakan pasien ke 12, dengan sembuhnya RPA maka tidak ada lagi pasien COVID-19 di Pesisir Selatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat, Rinaldi di Painan, Kamis.

Ia menjelaskan RPA dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 pada 22 April 2020 dan dikarantina di Bapelkes Padang pada hari itu juga.

Selain sudah tidak ada lagi pasien COVID-19, di daerah itu terhitung sejak 26 Mei 2020 juga tidak ada penambahan kasus baru.

Terkait situasi saat ini pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat tetap mentaati protokol COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak serta selalu mencuci tangan.

"Saat ini Pesisir Selatan bisa dikatakan sudah kondusif, kendati demikian masyarakat tidak boleh lengah dan tetap waspada karena siapa saja bisa terifeksi COVID-19 lewat berbagai media," jelasnya.

Sementara itu terkait penanganan COVID-19 di daerah setempat penjagaan personel gabungan baik di batas daerah setempat dengan Kota Padang, Jambi dan Bengkulu terus diperketat.

Hingga saat ini Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah satu orang dan sedang dirawat RSUD Dr M Zein Painan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 345 orang dan 337 diantaranya selesai menjalani masa pemantauan.

Berikutnya Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 721 orang dan 611 diantaranya selesai menjalani pemantauan, pelaku perjalanan dari daerah terjangkit berjumlah 8.299 orang dan 7.788 diantaranya selesai menjalani pemantauan.