Astra bantu dua ventilator untuk mendukung penyembuhan pasien COVID-19 di Rumah Sakit di Sumbar

id berita padang,berita sumbar,astra,bantuan,ventilator,rs,covid-19

Astra bantu dua ventilator untuk mendukung penyembuhan pasien COVID-19 di Rumah Sakit di Sumbar

Penyerahan bantuan ventilator dari Astra. (antarasumbar/Istimewa)

Bantuan dua ventilator ini merupakan rangkaian dari penyerahan 30 ventilator dari Astra kepada Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan pasien COVID-19 di Indonesia,
Padang (ANTARA) - Grup Astra memberikan bantuan dua unit ventilator untuk Rumah Sakit (RS) di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendukung proses penyembuhan pasien terpapar COVID-19 di provinsi tersebut.

"Di tengah masa krisis ini, sudah menjadi kewajiban bagi Astra untuk memberikan dukungan dalam menanggulangi COVID-19. Kami serahkan sebanyak dua unit untuk Gugus Tugas Sumbar," kata Koordinator Wilayah Grup Astra Sumbar, Firyandi di Padang, Kamis.

Ia menambahakan bantuan dua ventilator ini merupakan rangkaian dari penyerahan 30 ventilator dari Astra kepada Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan pasien COVID-19 di Indonesia.

"Kami berharap ventilator ini dapat meningkatkan kapasitas penanganan pasien dan mampu mempercepat penanganan serta pemulihan pasien COVID-19 di Sumbar," ujarnya.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan saat ini berbagai RS di daerah itu telah memiliki 42 unit ventilator khusus untuk pasien positif COVID-19.

"Sekarang tambah dua dari Astra menjadi 44 unit," ujarnya.

Menurutnya jumlah itu sebenarnya bisa mencukupi untuk kebutuhan penanganan COVID-19 di Sumbar. Apalagi sekarang jumlah kasus sudah makin landai. Penambahan pasien tidak signifikan lagi.

Bahkan beberapa daerah sudah bisa mengendalikan wabah itu. Seluruh pasien (100 persen) sembuh dan tidak ada kasus baru yang terdeteksi.

Namun kalau bicara ideal, jumlah itu masih jauh dari mencukupi. "Idealnya seluruh kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19 di Sumbar ini ada ventilatornya," kata Irwan.

Karena itu, ia sangat mengapresiasi bantuan Grup Astra untuk RS di daerah itu, karena benar-benar akan bisa membantu masyarakat yang terpapar COVID-19.***3***