Pasangan Fakhrizal-Genius Umar percaya diri hadapi lanjutan tahapan Pilkada Gubernur Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pilkada gubernur sumbar,fahrizal-genius umar,covid-19,kpu

Pasangan Fakhrizal-Genius Umar percaya diri hadapi lanjutan tahapan Pilkada Gubernur Sumbar

Pasangan calon perseorangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar di Pilkada Sumbar. (antarasumbar/Istimewa)

Kita sudah mengumpulkan syarat dukungan dan tugas itu sudah kita lakukan,
Padang (ANTARA) - Pasangan calon perseorangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar menyatakan percaya diri menghadapi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar yang akan dimulai pada Senin (15/9) setelah adanya penundaan akibat pandemi COVID-19.

Genius Umar ketika dihubungi dari Padang, Senin, mengatakan pihaknya siap menjalani tahapan verifikasi faktual terhadap dirinya dan Irjen Pol Fakhrizal yang telah memberikan syarat dukungan KPU Sumbar untuk mengikuti Pilkada Sumbar.

“Kita sudah mengumpulkan syarat dukungan dan tugas itu sudah kita lakukan,” ujar dia.

Menurut dia saat ini adalah tugasnya KPU Sumbar untuk bekerja melakukan tahapan verifikasi faktual dan pihaknya mendorong KPU dapat sukses melaksanakan tugas mereka.

Pada tahap verifikasi adminstrasi KPU Sumbar menetapkan jumlah dukungan calon pasangan perseorangan di Pilkada Sumbar Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar berkurang dari 327.774 menjadi 306.661 dukungan.

Jumlah ini berada di bawah ambang batas minimal yang harus dimiliki sebesar 316.051 dukungan agar dapat menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dalam Pilkada 2020.

Sebelumnya pasangan perseorangan Irjen Pol Fakhrizal-Genius Umar menyerahkan syarat dukungan sebanyak 336.657 dukungan.

Ia mengakui memang ada kekurangan setelah dilakukan verifikasi administrasi oleh KPU Sumbar dan pihaknya kembali telah mengumpulkan dukungan dari masyakat untuk memenuhi syarat tersebut.

“Kita siap menghadapi tahapan verifikasi faktual dan jika ada pengurangan maka kita siapkan tambahan. Alhamdulillah sudah ada tambahan yang terkumpul sebanyak 100 ribu surat dukungan,” kata dia.