Berdayakan penghuni rutan, Komunitas Pekanbaru Charity Sumbangkan Bilik Swab ke Puskesmas Simpang Tiga di Pekanbaru (Video)

id Pekanbaru Charity,berita sumbar,padang hari ini,normal baru sumbar,virus corona sumbar,bilik swab

Berdayakan penghuni rutan, Komunitas Pekanbaru Charity Sumbangkan Bilik Swab ke Puskesmas Simpang Tiga di Pekanbaru (Video)

Komunitas Pekanbaru Charity bersama Rutan Sialang Bungkuk serahkan bilik swab pada Puskesmas Simpang Tiga di Pekanbaru.

Padang (ANTARA) - Demi menjaga keselamatan tenaga kesehatan dalam memeriksa orang-orang yang berkemungkinan terpapar Covid-19, Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru terima bantuan berupa bilik Swab hasil dari penggalangan dana yang dikumpulkan oleh Komunitas Pekanbaru Charity yang bekerja sama dengan Rutan Sialang Bungkuk.

Bilik swab itu siap pada Sabtu (13/6) dan diserahkan oleh Direktur Pekanbaru Charity Lexie Wahyuni kepada Pimpinan Puskesmas Simpang Tiga dr Leny Marzal, MARS yang disaksikan oleh pihak Rutan Sialang Bungkuk, Kasi Yantah Yopi Fernanda dan Kasubsi Bimker Marcos Sihombing.

Dokter Leny menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pekanbaru Charity dan pihak Rutan Sialang Bungkuk yang telah sangat memperhatikan dan peduli akan keselamatan para nakes, apalagi setelah turunnya imbauan bagi tiap puskesmas untuk melakukan uji swab kepada masyarakat secara langsung.

Petugas laboratorium Puskesmas Simpang Tiga Desfalina Amd Ak juga mengaku senang dengan adanya bantuan bilik swab yang akan sangat membantu pekerjaannya.

“Saya bersyukur sekali bahwa curhatan saya selaku tenaga labor didengar dan disambut dengan program ini oleh Pekanbaru Charity,” katanya.

Saat ini Pekanbaru charity tengah membuka penggalangan dana untuk membuat bilik-bilik swab lainnya agar bisa membantu puskesmas lainnya.

Sementara itu, Marcos Sihombing dari Rutan Sialang Bungkuk juga mengungkapkan rasa senangnya.

“Saya berterima kasih karena kepercayaan dan kerjasama dengan Pekanbaru Charity memberi peluang pengembangan skill bagi warga binaan yang saat ini ada di rutan,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pekanbaru Charity menjalin kerja sama yang sangat intens dengan pihak Rutan Sialang Bungkuk sejak wabah Covid-19 ini menyerang Pekanbaru.


Tak hanya bilik swab, sebelumnya warga binaan di rutan itu telah membuat baju hazmat, masker dan lainnya. Sebagian dari alat pelindung diri (APD) covid-19 itu digunakan untuk kalangan sendiri dan sebagian lagi disumbangkan dan dijual bagi yang membutuhkan.

Kerja sama ini juga sangat didukung Kepala Rutan Sialang Bungkuk Anton, karena apa yang dikerjakan para warga binaannya ternyata bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Lexie Wahyuni sendiri mengaku sangat bahagia dan bersyukur atas kerja sama itu sehingga pengerjaan bilik swab itu dapat dikerjakan sepenuhnya oleh pihak rutan.

“Bilik swab ini sangat irit bila dibandingkan harus selalu mengenakan APD yang per setnya cukup mahal. Selain itu, lebih aman bagi nakes yang harus mengambil cairan dari hidung, tes swab, atau mengambil contoh darah masyarakat,” kata Lexie.

“Kita membuka peluang bagi masyarakat luas, perusahaan, klinik, atau pihak manapun yang mau membantu dalam sedekah bilik swab ini ataupun ingin membeli langsung dari kami di Pekanbaru Charity yang seluruh kegiatannya dapat selalu diikuti melalui Instagramnya yaitu Pekanbaru Charity atau langsung menghubungi 085274979336 untuk setiap sedekah ataupun kemungkinan kerjasama,” tutupnya.