UBH gelar webinar panduan mahasiswa belajar saat pendemi COVID-19

id UBH,Padang,Sumbar,webinar

UBH gelar webinar panduan mahasiswa belajar saat pendemi COVID-19

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Prof Diana Kartika (dua daru Kanan) bersama sejumlah dosen menggelar webinar panduan mahasiswa belajar di tengah pandemi (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Universitas Bung Hatta (UBH) Kota Padang Sumatera Barat menggelar webinar lintas disiplin ilmu yang bertujuan memberikan panduan terhadap mahasiswa belajar dalam kondisi pandemi COVID-19.

Wakil Rektor III UBH Prof Diana Kartika di Padang, Rabu mengatakan kegiatan ini merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh sejumlah dosen dari berbagai perguruan tinggi dan multi disiplin ilmu.

Ia mengatakan webinar ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri mereka bertahan di masa pandemi dengan melanjutkan pendidikan mereka yang mulai berubah baik dari segi metode, perangkat, pembelajaran dan lainnya akibat pandemi ini.

Menurut dia dalam era revolusi 4.0 sistem pengajaran sudah mulai berubah melalui pertemuan daring namun hal itu belum sepenuhnya berjalan dengan baik namun pandemi ini memaksa baik dosen maupun mahasiswa menyiapkan diri mereka untuk sistem pembelajaran daring.

Ia mengatakan dirinya bekerja sama dengan sejumlah dosen mulai dari Ketua Prodi Sastra Jepang UBH Oslam Amril, Ali Mardius dosen UBH, Yuni Astuti dan Zulbahri dosen Universitas Negeri Padang (UNP), Andika Prajana dosen Universitas Ar-Raniry Banda Aceh.

Ia menjelaskan webinar tersebut berjudul “Pendampingan Mahasiswa Terhadap Metamorfosis Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19” yang digelar melalui Google Meet dan live streaming youtube yang digelar sejak 10 Juni hingga 16 Juni 2020 dari pukul 09.00 WIB-12.00 WIB.

Dosen Universitas Ar-Raniry Banda Aceh Andika Prajana mengatakan memasuki pandemi ini mahasiswa dipaksakan mengubah pola pembelajaran mulai dari perangkat, fasilitas, perlengkapan pembelajaran bahkan metode pembelajaran .

Menurut dia sebelum pandemi mahasiswa belajar dengan cara tatap muka di kelas dengan metode mahasiswa menjadi pusat pembelajaran namun saat pandemi ini semua berubah pertemuan virtual diperbanyak, mereka mengikuti ujian melalui tes yang diberikan melalui aplikasi dan lainnya.

“Dulu belajar di kampus dan buat tugas di rumah lalu saat pandemi belajar di rumah, buat tugas di rumah dan mereka harus mempersiapkan kelengkapan seperti telepon pintar, paket dan lainnya,” kata dia.

Dalam webinar ini ada tiga bidang ilmu yang diberikan pertama bidang sastra yang membimbing mahasiswa terkait tata cara berkomunikasi melalui pertemuan virtual dan tata cara mengikuti webinar dan lainnya.

Untuk bidang ilmu Informatika, ada bimbingan menggunakan aplikasi yang tepat dalam menghadapi tantangan ke depan. Mulai aplikasi pertemuan virtual yang hemat dan cara ikut dalam kegiatan virtual dan kemudian bidang olahraga akan memandu mahasiswa tetap aktif walaupun di rumah dengan berolahraga.

“Masa pandemi mengharuskan mahasiswa di rumah, walaupun di rumah mereka harus tetap belajar dan mengisi kegiatan positif yakni dengan olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga imun tubuh,” kata dia.

Ia mengatakan target awalnya kegiatan ini hanya untuk 60 mahasiswa namun ketika dilaksanakan ada 200 mahasiswa yang hadir dalam pertemuan tersebut dan ratusan mahasiswa tersebut berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Pulau Sumatera .

“Kita juga memberikan hadiah bagi mahasiswa yang hadir sejak awal dan aktif berinteraksi dalam kegiatan tersebut,” kata dia.

Salah satu peserta mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNP, Roza Amelia berharap webinar akan rutin digelar karena dinilai sangat bermanfaat karena bisa diikuti meski tengah membantu orang tua dirumah.

“Terima kasih saya dapat bergabung dan mengenal teman-teman mahasiswa lainnya dan mendapat ilmu baru pula,” kata dia.