Jangan hanya target PNS, Wako: Sarjana sumbangkan pemikiran bagi kemajuan daerah

id Riza Falepi,payakumbuh,berita payakumbuh,payakumbuh terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Jangan hanya target PNS, Wako: Sarjana sumbangkan pemikiran bagi kemajuan daerah

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (ANTARA/HO)

Payakumbuh, (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi meminta para sarjana jangan hanya menargetkan jadi pegawai negeri sipil (PNS), namun ikut menyumbang pemikiran bagi kemajuan daerah.

"Coba berikan perbedaan, berikan pemikiran-pemikiran yang bermanfaat untuk membangun daerah," kata Riza di Payakumbuh, Selasa.

Dengan menyumbangkan ide-ide dan pemikiran, akan membuat para sarjana lebih maju satu langkah dari PNS.

"Mereka (sarjana) seharusnya memiliki potensi untuk itu, bagaimana memberi nilai tambah untuk Sumatera Barat khususnya Kota Payakumbuh. Kalau bisa mereka mengembangkan sayapnya ke luar Indonesia," ujarnya.

Meskipun tidak masalah jika memang ingin bekerja sebagai PNS. Namun ketika menjadi PNS harus dapat melahirkan inovasi-inovasi.

"Saat ini sangat dibutuhkan seorang inovator, harapan tergantung pada generasi muda dan sarjana ini. Berikan yang terbaik untuk memajukan negara dan daerah," sebutnya.

Terpisah, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Riki Saputra menyebutkan menjadi seorang entrepreneur, swasta atau pun PNS merupakan pilihan.

"Yang terpenting bagaimana dapat merubah pola pikir dari generasi muda dan calon sarjana itu sendiri. Sebab apapun pekerjaannya itu pilihan," ujarnya.

Sehingga, kata dia, dimana pun sarjana berada dapat menjadi pembeda di lingkungan kerjanya, dan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

"Makanya kami di UMSB memiliki visi yang tergambarkan di kurikulum, yakni membentuk sarjana dengan mental yang kuat di dunia dan sesuai nilai keislaman," sebutnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar