Pandemi tak halangi petugas BPJS satu!, layani kebutuhan peserta di rumah sakit

id BPJS Satu!,JKN Solok, KIS Solok,PIPP Cabang Solok,rumah sakit solok

Pandemi tak halangi petugas BPJS satu!, layani kebutuhan peserta di rumah sakit

Petugas terlihat sedang menghubungi pasien rumah sakit yang merupakan peserta JKN-KIS (Antara/ist)

Solok (ANTARA) - Guna memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berbenah untuk memberikan layanan yang mudah, cepat, dan pasti kepada peserta JKN-KIS. BPJS Kesehatan menghadirkan terobosan baru yang dikenal dengan BPJS SATU! (Siap Membantu).

BPJS Satu merupakan optimalisasi peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit melalui pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan Rumah Sakit.

Ditengah situasi pandemi COVID-19, BPJS SATU! tetap memberikan kemudahan layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta. Tetapi pelayanan yang diberikan sedikit berbeda dari biasanya, yang mana biasanya dilakukan secara tatap muka dengan peserta sekarang dialihkan melalui telepon dan chatting.

“Sebelumnya BPJS SATU! rutin melaksanakan mobile dan Costumer Visit langsung bertatap muka dengan peserta, sekarang dialihkan lewat telepon ataupun chatting. Sesuai dengan arahan pemerintah untuk menerapkan physical distancing,” ujar petugas BPJS SATU!, Zetra Zulnadi.

Zetra menyampaikan bahwa ia secara rutin melakukan wawancara atau tanya jawab singkat melalui telepon dengan peserta-peserta yang sudah mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit.

“Sejauh ini peserta sangat kooperatif dan jujur dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, sehingga bisa diukur kepuasan peserta terhadap layanan yang diberikan Rumah Sakit,” ujar Zetra.

Adapun beberapa hal yang ditanyakan kepada peserta terkait kemudahan mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit, penyampaian pengaduan terkait pelayanan, serta lokasi Rumah Sakit yang mudah ditemukan.

“Selanjutnya juga ditanyakan terkait sikap dan keramahan dokter dan petugas Rumah Sakit, mendapatkan ruang rawatan sesuai dengan hak kelas rawatan, kondisi ruang perawatan, iur biaya, serta kepuasan peserta terhadap kemudahan informasi atau pengaduan oleh petugas Rumah Sakit,” ujar Zetra.

Salah satu peserta yang dihubungi via telepon Winda Wella Fista (28) pada Jumat (5/6), menceritakan bahwa dirinya telah dilayani dengan baik oleh saat menjalani rawat inap di RSIA Permata Bunda Kota Solok beberapa waktu yang lalu.

“Selama saya dirawat dilayani dengan baik oleh dokter dan perawat di Rumah Sakit, dan tidak ada perbedaan pelayanan yang diberikan kepada pasien, semuanya sama. Petugas BPJS SATU! juga merespon dengan cepat saat saya hubungi untuk menanyakan terkait naik kelas rawatan, semua dijelaskan secara rinci dan diberikan arahan juga. Dan saya juga diingatkan untuk segera mendaftarkan bayi saya sebagai peserta JKN-KIS lewat petugas Rumah Sakit. Saya sangat terbantu dengan adanya petugas BPJS SATU!,” tutup Winda.