32 penghuni Lapas di swab tim Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat

id Pasaman Barat, Sumbar, Padang

32 penghuni Lapas di swab tim Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat

Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat saat melakuka tes swab kepada 32 orang petugas dan warga binaan di Lapas Terbuka, Sabtu (6/6). (ANTARA/ Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Corona Virus Disease (COVID-19) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan tes swab kepada 32 orang di Lembaga Permasyarakatan Terbuka Kelas II B Pasaman, Sabtu (6/6).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia mengatakan 32 orang itu terdiri dari 28 orang petugas dan empat orang warga binaan yang kontak dengan dua orang petugas yang kontak langsung dengan pasien positif COVID-19.

Ia mengatakan tes swab dilakukan oleh tim medis Dinas Kesehatan, RSUD Pasaman Barat, Puskesmas Sukomenanti di komplek Lapas Padang Tujuh.

"Pelaksanaan swab berjalan dengan aman dan lancar. Jajaran Lapas sangat kooperatif," katanya.

Ia berharap kepada petugas dan warga binaan yang diswab agar untuk sementara menjalani isolasi mandiri sampai hasil swab keluar.

Sebelumnya pada Jumat (5/6) dua orang petugas Lapas Terbuka yang kontak langsung dengan pasien positif telah dilakukan tes swab.

"Sedangkan 32 orang lagi hari ini diswab. Mudah-mudahan kita sekua terhindar dari COVID-19," harapnya.

Kepala Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman, Azhar mendukung penuh tes swab yang dilakukan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat dan tim gugus tugas yang melakukan tes swab di Lapas Terbuka sebagai antisipasi," sebutnya.

Ia mengakui sehabis tes swab seharusnya jajarannya melakukan isolasi mandiri, namun memiliki beban kerja dan baru "tracing" level 2 maka akan tetap masuk kerja seperti biasa namun dengan menerapkan protap COVID-19.

"Diantara yang akan dilakukan adalah tetap memakai masker dan jaga jarak. Bagi pegawai yang tinggal di luar komplek sepulang kerja langsung pulang, diam dirumah dan tidak boleh pergi kemana-mana lagi", tegasnya.

Sementara Bupati Pasaman Barat Yulianto yang diwakili Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Yosmar Difia yang hadir saat tes swab mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas Terbuka atas sikap kooperatifnya dan kesediannya untuk melakukan tes swab.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas Terbuka yang kooperatif dan kesediaanya untuk dilakukan tes swab. Mudah-mudahan kita semua dihindari dari wabah ini," harapnya.