Solok Selatan mulai salurkan BLT APBD sebesar Rp32 miliar untuk 17.141 KK

id Abdul Rahman,BLT APBD ,solok selatan,berita solok selatan,solok selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Solok Selatan mulai salurkan BLT APBD sebesar Rp32 miliar untuk 17.141 KK

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana APBD senilai Rp32 miliar untuk 17.141 Kepala Keluarga (KK) mulai hari ini.

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Selasa, mengatakan BLT disalurkan selama tujuh hari secara bergantian ke seluruh Nagari dan dimulai hari ini hingga Rabu (10/6) bekerja sama dengan Bank Nagari.

"Penerima manfaat diimbau memanfaatkan bantuan untuk pembelian kebutuhan pokok dan jangan membelanjakannya untuk kebutuhan lain yang tidak penting dan tidak mendesak," ujarnya.

Dia berharap masyarakat memiliki skala prioritas dalam penggunaan berbagai dana bantuan tersebut terutama saat keadaan sulit akibat pandemi COVID-19 sehingga harus pintar dalam menggunakannya.

Dalam penyaluran bantuan ini pemerintah daerah sudah menyurati Wali Nagari dan pelaksana penyaluran di lapangan supaya menggunakan standar protokol pencegahan COVID-19.

Masyarakat dan petugas diwajibkan menggunakan masker dan mengatur jarak fisik antara satu dan lainnya dan Nagari juga diminta untuk menyediakan sarana tempat cuci tangan dengan sabun.

Bagi masyarakat yang terdata ganda Nagari berhak untuk menahan dan meminta pihak Bank agar tidak mencairkan bantuan tersebut.

Nagari juga diminta untuk menempel seluruh data penerima bantuan di kantor wali nagari serta berbagai tempat strategis lainnya.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Zulkarnaini mengatakan, dari semua skema bantuan yang disalurkan, sebanyak 84 persen masyarakat akan mendapatkan BLT.

Jumlah penerima meningkat dari perkiraan sebelumnya yang hanya 77 persen karena adanya kenaikan alokasi anggaran BLT dari Dana Desa/Nagari.

"Total penerima bantuan sebanyak 41.749 KK, atau lebih kurang 84 persen dari jumlah total KK di Solok Selatan," ujarnya.

Untuk jumlah KK di Solok Selatan per Desember 2019 tercatat sebanyak 49.689 KK.

Bantuan sosial akibat pendemi COVID-19 yaitu sebanyak 6.194 KK dari Dana Desa/Nagari, 6.206 KK dari Kemensos, 3.463 dari dana Provinsi, 8.745 KK dari bantuan PKH dan Sembako, serta 17.141 KK melalui APBD Kabupaten Solok Selatan. (*)